23 C
Medan

Penyebab Tidak Bisa Download Aplikasi e-Faktur

Aplikasi e-Faktur merupakan aplikasi perpajakan milik Direktorat Jenderal Pajak untuk pembuatan dan pelaporan faktur pajak elektronik. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan dalam hal pembuatan dan pelaporan faktur pajak.

Untuk menggunakan e-Faktur, Anda harus terlebih dahulu mendownload aplikasinya. Namun ada kalanya, Pengusaha Kena Pajak (PKP) selaku pengguna e-Faktur justru tidak dapat men-download aplikasi e-Faktur, padahal sudah mengikuti petunjuk yang tersedia.

Hal tersebut tentu sangat membingungkan, sehingga beberapa dari PKP tidak dapat memanfaatkan layanan e-Faktur ini. Untuk mengetahui penyebab dan tips agar Anda sukses men-download aplikasi e-Faktur simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Tidak Bisa Download Aplikasi e-Faktur

Berikut beberapa penyebab yang memungkinkan Anda tidak bisa men-download aplikasi e-Faktur, antara lain:

1. Gangguan Sinyal

Adanya gangguan sinyal pada perangkat akan ditandai dengan adanya perintah “Network Error” atau “Connection Reset by Peer”. Jika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya segera hubungi secara langsung pihak pengelola aplikasi e-Faktur Desktop untuk membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.

2. Client Tidak Terdaftar

Biasanya dalam kasus ini, pengguna yang tidak bisa download aplikasi e-Faktur karena proses gagal upload. Dan tidakan pertama yang dilakukan pasti melakukan reset pada aplikasi, namun ternyata aplikasi e-Faktur tetap tidak bisa digunakan. Tahukah Anda bahwa aktivitas reset aplikasi akan membuat database dari aplikasi lama tidak lagi dapat digunakan, sehingga Anda perlu mengunduh dan melakukan proses registrasi ulang.

3. Sistem Operasi Tidak Support

Sistem operasi pada perangkat juga menjadi hal lainnya yang membuat tidak bisa download aplikasi e-Faktur. Pasalanya, aplikasi e-Faktur desktop ini hanya dapat dioperasikan pada perangkat dengan sistem operasi Linux 32 bit, MacOS 64 bit/Windows 32 bit, dan Windows 64 bit.

4. File Tidak Terdownload Sepenuhnya (File Corrupt)

Penyebab file corrupt ini adalah karena adanya gangguan koneksi atau karena adanya virus pada perangkat. Hal tersebut lantas menyebabkan file terlihat seperti sudah ter-download padahal terdapat beberapa file yang tidak ter-download, sehingga hal tersebut membuat Anda tidak bisa mengakses aplikasi e-Faktur.

Selain beragam sebab dan latar belakang yang diuraikan di atas, tidak bisa download aplikasi e-Faktur yang disebutkan diatas, tidak semua pengguna memiliki literasi yang sama terhadap teknologi aplikasi yang digunakan.

Seringkali tiap pengguna memiliki interpretasi yang berbeda dalam melakukan tahap-tahap menjalankan aplikasi e-Faktur. Ketersediaan memori PC yang digunakan ketika pengguna perlu men-download sebuah aplikasi dan menyimpan ribuan database faktur dalam komputer juga sering menjadi pertimbangan tersendiri.

Tips Menghindari Kegagalan Download Aplikasi e-Faktur

Berikut tips untuk menghindari kegagalan download pada aplikasi e-Faktur:

1. Pastikan koneksi internet stabil

Koneksi internet yang stabil akan menjadi hal utama yang akan membuat Anda bisa mendownload aplikasi e-Faktur dengan sukses. Dan sebaliknya, apabila koneksi internet Anda tidak maksimal, potensi kegagalan download e-Faktur akan semakin besar. e-Faktur 2 akan semakin besar.

2. Hindari download e-Faktur pada jam sibuk

Banyaknya orang yang mengakses aplikasi e-Faktur juga menjadi hal lainnya yang membuat aplikasi e-Faktur gagal download. Sehingga akan lebih baik jika Anda men-download aplikasi e-Faktur ini pada jam yang kemungkinan orang lain sedang beristirahat.

3. Silakan untuk Coba Lagi

Penyebab kegagalan download karena koneksi internet yang tidak stabil dan karena banyaknya orang yang mengakses, mengharuskan Anda untuk mencoba berulang kali hingga akhirnya Anda berhasil mendonwload aplikasi e-Faktur tersebut.

4. Perbesar Bandwidth

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, bandwidth merupakan kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang digunakan untuk mengirim data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth ini adalah untuk menghitung transaksi data. Sehingga saat Anda melakukan pembesaran bandwidth, akan sangat memungkinkan Anda untuk bisa mendownload aplikasi e-Faktur dengan sukses.

Demikian artikel mengenai Penyebab Tidak Bisa Download Aplikasi e-Faktur dan Tips untuk Menghindari Kegagalan Download Aplikasi e-Faktur. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles