26 C
Medan

Pengertian Right Issue dan Konsekuensinya, Serta Keuntungan Bagi Investor

Right issue atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu yaitu hak para pemegang saham untuk membeli saham baru dengan harga tertentu dan dalam jumlah yang tertentu juga. Berdasarkan pendapat ahli:

“Right issue merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan guna mencari tambahan dana melalui cara menjual saham terntu, yang dimana secara khusus diperuntukkan untuk pemegang saham yang lama, namun, jika pemegang saham lama tidak ingin membelinya maka hak itu hilang” – Menurut Irham dan Yovi (2009:74).

Pengertian singkatnya, Right Issue adalah hak yang diberikan untukninvestor yang lama sehingga investor tersebut dapat membeli saham baru. Right issue lumayan bermanfaat, karena dapat digunakan untuk menambah porsi dari kepemilikan para pemegang saham yang dimana nantinya saham menjadi lebih likuid.

Selain itu, Right Issue juga digunakan perusahaan dalam meningkatkan jumlah saham yang beredar sehingga hal ini akan menjadikan kapitalisasi pasar perusahaan untuk berkembang lebih besar lagi. Jika terdapat tambahan saham baru yang dijual kepada punblik dengan proporsi kepemilikan oleh pemegang saham yang lama hal ini akan dapat mengalami dilusi.

Nah, dilusi adalah suatu kejadiaan dimana terjadinya penurunan kepemilikan saham dikarenakan bertambahnya jumlah saham total, tetapi investor yang berkaitan tersebut tidak ikut serta di dalam pembelian saham yang telah di terbitkan pada aksi right issue atau private placement.

Pada tights issue apabila hak yang telah diberikan kepada investor lama tidak digunakan oleh investor lama, ini bisa saja diambil oleh investor baru hal ini biasa disebut dengan standby buyer.

Membahas lebih lanjut, tujuan dari pada right issue adalah meningkatkan atau menambah jumlah saham yang telah maka bagi setiap lembar saham akan menjadi lebih likuid. Apabila terjadi harga saham yang lebih rendah, ini dapat membuka peluang untuk para investor yang dengan modal terbatas terlibat didalam transaksi penjualan atau pembelian saham di perusahaan.

Loporan audit dalam proses right issue sebagai berikut:

  • Pernyataan dari akuntan
  • Terdapat laporan hasil penjualan saham
  • Terdapat daftar hasil dari penjatahan saham atau masyarakat perorangan di Indonesia atau lembaga/badan usaha indonesia, bahkan danareksa dan perorangan asing serta lembaga asing.
  • Pada akte notaries terdapat perjanjian pengalokasian sisa saham.

Right Issue dapat menambah jumlah saham yang beredar, seperti Perusahaan A memiliki saham yang beredar dengan jumlah total sebesar 1 M lembar. Apabila perusahaan A tersebut memiliki dasio 4:1, maka akan ada seperempat Miliyar lembar pada saham perusahaan A tmenjadi tambahan di pasaran. Oleh karena itu ini dapat mempengaruhi terjadinya besaran Laba per Saham.

Hal ini dapat dicontohkan sebagai berikut:

Pada Perusahaan A dibidang properti, akan melakukan penawaran umum yang terbatas II (PUT) secara right issue dengan targer dan sebesar 499,68 miliar rupiah. Dana itu akan digunakan dalam pengembangan usaha yang berupa penyaluran kredit. Sentimen dalam Right Issue ini biasanya akan mendorong harga saham sehingga mengalami kenaikan pada perusahaan A.

Berbicara mengenai harga, terdapat harga teroritis yaitu sejumlah nilai yang dapat dihitung berdasarkan rasio pembagian dalam dividen saham, penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu, reverse stock, saham bonus, warrant, penggabungan usaha tau peleburan usaha perusahaan yang tercatat, stock split, dan corporate action yang lainnya, corporate action yang lain tersebut akan ditetapkan oleh perusahaan A atau perusahaan yang telah tercatat.

Perhitungan harga teoritis, sebagai contoh

Harga teoritis = (1 x 2000 rupiah) + (2 x 500) : (2 + 1) = 3000 rupiah : 3 = 1000 rupiah.

Konsekuensi dan Keuntungan dari Right Issue

Berikut di bawah ini konsekuensi dan keuntungan dari right issue, antara lain sebagai berikut.

Keuntungan bagi perusahaan

Right issue dapat meningkatkan jumlah modal perusahaan A yang dimana nantinya
akan digunakan untuk melaksanakan ekspansi usaha, ini terdapat dalam bentuk pembangunan pabrik, mengakuisisi dan yang lain sebagainya. Namun, terdapat perusahaan yang menggunakan aksi right issue ini untuk membayar hutang perusahaan.

Keuntungan bagi Investor

Kepada para pemegang saham yang tidak melaksanakan haknya untuk meembeli saham yang baru itu, maka kepemilikan saham terhadap perusahaan tersebut akan terdilusi. Terdapat persamaan dalam keuntungan right issue bagi perusahaan ataupun bagi investor, yaitu berdampak dengan modal kerja yang bertambah dan diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendapat pada perusahan serta berujung dalam peningkatan laba perusahaan Dalam memastikan apakah Anda tidak mengalami suatu kerugian pada saat perusahaan tersebut mengeluarkan aksi Right Issue, maka Anda sebagai Investor memahami tujuan penggunaan dana, harga saham yang ditawarkan perusahaan, serta bagaimana kerja suatu perusahaan tersebut.

Demikian ulasan kami mengenai right issue mulai dari pengertian, laporan audit, contoh hingga konsekuansi dan keuntungannya. Semoga ulasan kami membantu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles