Pengertian Proposal Penelitian, Kegiatan, Usaha dan Proposal Skripsi

Subtitle goes here

By:

April 14, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Proposal
Loading...

Proposal berasal dari bahasa inggris propose yang artinya pengajuan atau mengajukan atau permohonan. Gambaran proposoal atau pengajuan adalah suatu pihak memberikan gagasan, ide (pengajuan atau mengajukan) kepada pihak lain dalam lingkungan kerja maupun diluar lingkup organisasinya dengan tujuan mendapatkan persetujuan dari pihak yang menjadi sasaran.

Proposal adalah suatu rencana kegiatan yang dituangkan dalam sebuah kalimat menjadi bentuk ranacangan kegiatan yang tersusun dalam sebuah lembaran yang sistematis dan terperinci. Atau sederhananya proposal merupakan lembaran dokumen yang dibuat untuk menjadi pedoman atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) proposal berarti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja (proyek tersebut belum disetujui oleh pimpinan proyek).

Loading...

Adapun ciri-ciri proposal secara umum adalah:

  1. Tertera penulis/ yang mengajukan proposal
    Hal ini tentu tidak bisa ditinggalkan karena setiap tulisan pasti menyertakan nama penulisnya, begitupun dalam proposal harus jelas siapa yang menulis atau yang mengajukan proposal tersebut
  2. Ditulis secara ringkas namun jelas terkait penelitian maupun kegiatan yang akan dilaksanakan
  3. Ditulis secara ringkas tidak ada pembahasan berulang
  4. Tertera kepada siapa proposal tersebut dibuat
    Sebagaimana makna dari proposal adalam pengajuan artinya ada pihak yang dituju atau yang menjadi sasaran dan hal ini harus jelas tertara kepada siapa proposal tersebut dibuat
  5. Penggunaan bahasa baku dan tidak bertele-tele
    Kalimat dalam proposoal harus menggunakan bahasa baku dan tidak boros kata sehingga akan dipahami oleh siapapun
  6. Sifatnya sebagai pemberitahuan
    Proposal merupakan suatu pengajuan akan suatu rencana yang belum realisasi
  7. Struktur kepenulisan
    Struktur kepenulisan proposal terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, teknis pelaksanaan dan penutup.
  8. Sistematis
    Sistematis artinya tersusuan, jadi isi proposal haruslah tersusun dari mulai latar belakang hingga penutupan agar pihak yang menjadi sasaran bisa dengan mudah memahami isi dari proposal tersebut.
  9. Dapat dipertanggung jawabkan
    Setiap informasi yang terkandung dalam proposal harus bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak yang mengajukan proposal, ia dituntut bisa menjelaskan setiap detail yang ia tulis.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang proposal penelitian, proposal kegiatan, proposal usaha dan skripsi.

1. Pengertian dan Ciri – Ciri Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah dokumen yang berisi tentang proyek penelitian, umumnya pengumpulan data atau analisis dalam bidang sains dan akademis.

Proyek penelitian biasanya dibuat oleh seseorang yang sudah ahli dalam bidangnya dan bersifat penting. Selain ciri-ciri proposal secara umum, ada beberapa ciri proposal penelitian seperti di bawah ini:

  • Dibuat berdasarkan penelitan yang dimulai dengan suatu pengamatan
  • Pengamatan dilakukan secara berulang sampai keluar hasil yang tetap dan menjadi hasil akhir (percobaan terkontrol)
  • Dilakukan suatu perbandingan
  • Segala hasil pengamatan harus disimpan dalam bentuk tertulis sebagai dokumen

2. Pengertian dan Ciri – Ciri Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan merupakan dokumen yang berisi rancangan kegiatan. Proposal kegiatan sering kita jumpai contohnya proposal kegiatan acara pentas seni di sekolah, proposal kegiatan Maulid Nabi, proposal kegiatan pameran dan masih banyak proposal-proposal kegiatan yang bersifat umum.

Ciri-ciri proposal kegiatan:

  • Berisi tentang tujuan dan latar belakang
  • Berisi rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam acara tersebut
  • Tidak terlalu panjang
  • Berupa pengumuman atau pemberitahuan (Tempat, waktu dan acara)
  • Umumnya tertera estimasi anggaran secara rinci
  • Ditujukan kepada donatur
  • Terdapat daftar panitia sebagai pihak yang mengajukan dan bertanggung jawab atas isi proposal kegiatan yang dibuat.

3. Pengertian dan Ciri – Ciri Proposal Usaha

Proposal usaha merupakan dokumen yang berisi pengajuan terkait kegiatan usaha yang akan dibuat oleh wirausahawan yang isinya menuangkan rencana usaha, risiko usaha dan keuntungan dari usaha yang diajukan.

Proposal usaha ditujukan kepada rekan bisnis atau investor. Proposal usaha harus ditulis secara jelas, rinci dan dapat dipertanggung jawabkan agar investor tertarik dengan pengajuan yang dibuat oleh wirausahawan tersebut.

Ciri-ciri dari proposal usaha adalah sebagai berikut:

  • Realistis
    Proposal usaha harus dibuat dengan reaslitis berdasarkan pangsa pasar dan tidak boleh dibuat-buat hanya untuk mengiming-imingi investor. Seorang wirausahawan yang mengajukan proposal kepada rekan bisnis atau investor wajib memiliki bahkan menguasai bidang usaha yang ia ajukan dalam proposalnya, mampu membaca peluang yang ada, memiliki kemampuan membaca proyeksi finansial dan memiliki jiwa marketing yang handal.
  • Komitmen
    Proposal usaha haruslah dibuat dengan komitmen yang kuat agar tidak merugikan salah satu pihak, proposal usaha merupakan proposal yang apabila disetuju akan terjalin hubungan jangka panjang antara wirausahawan dengan rekan bisnis maupun investor. Maka komitmen sangat penting dalam urusan ini.
  • Fleksibilitas
    Artinya dalam proposal usaha ketika merancang suatu rencana harus dibuat strategi kedua sebagai antisipasi.

4. Pengertian dan Ciri – Ciri Proposal Skripsi

Mungkin kita tidak asing mendengar kata skripsi apalagi bagi para mahasiswa semester akhir, rasanya kata skripsi merupakan momok yang menakutkan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.

Sedangkan proposal skripsi artinya pengajuan dari pihak penulis atau mahasiswa yang berisi rancangan, desain penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa yang bersangkutan. Proposal skripsi ditujukan kepada dosen pembimbing sebagai gambaran skripsi yang akan ia buat.

Dalam pembuatan proposal skripsi harus menggunakan bahasa formal dan kalimat berdasarkan kaidah/ pedoman Bahasa Indonesia yang baik dan benar juga memperhatikan cara penempatan tanda baca. Karena jika seorang mahasiswa membuatnya secara asal-asalan hal tersebut akan mempersulit mahasiswa itu sendiri, pasalnya dosen pembimbing dengan cermat memeriksa setiap kalimat yang dituangkan dalam proposal tersebut, alhasil bila proposal yang dibuat keluar dari ketentuan-ketentuan yang berlaku maka coretan demi coretan akan menghiasi proposal yang telah dibuat.

Ciri – ciri proposal skripsi

  • Dibuat setelah dosen pembimbing menyetujui judul yang diajukan oleh mahasiswa
  • Latar belakang dibuat dengan jelas
  • Rumusan masalah
  • Tujuan penelitian yang dilakukan
  • Metode penelitian yang digunakan
  • Manfaat penelitian
  • Kerangka teori
  • Lokasi penelitian yang nyata
  • Tinjauan Pustaka dan kerapihan dalam menyusun kalimat

Itulah pengertian proposal berdasarkan jenis dan fungsinya, semoga artikel ini bisa menjadi salah satu referensi yang berguna.

0 Comment

Leave a Comment