Pengertian Novel, Ciri – Ciri, Struktur Kepenulisan, Jenis dan Unsur Novel

Subtitle goes here

By:

Mei 10, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Novel
Loading...

Bagi pecinta literasi maupun masyarakat umum pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata novel. Yang terlintas pertama kali saat mendengar kata novel biasanya langsung mendefinisikan sebagai tulisan atau sebuah cerita yang berbentuk buku tebal. Ungkapan tersebut tidak bisa disalahkan karena memang benar salah satu karakteristik dari novel adalah memiliki susunan paragraf panjang (alur cerita yang panjang/ detail) yang tertuang dalam lembaran-lembaran dan menjadikannya sebuah buku tebal.

Namun pengertian novel yang benar adalah; Novel merupakan suatu karya sastra dalam bentuk prosa dengan naratif yang panjang, tulisan dalam novel berupa kisah panjang yang menceritakan satu tokoh atau lebih dengan menonjolkan watak dari tokoh tersebut. Tulisan dalam novel mengandung beberapa unsur yang menjadikannya berbeda dengan karya sastra yang lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku (tokoh).

Loading...

Cara membedakan novel selain dilihat dari kepanjangnya sebuah ceritanya, ada beberapa ciri-ciri novel yang membedakan dengan karya sastra lain.

Ciri – Ciri Novel

Ciri - Ciri Novel

Ciri – Ciri Novel

  1. Sebagaimana diulas di atas novel memiliki rangkaian cerita yang panjang (jika sudah berbentuk buku tebal) Nah, ciri novel yang pertama adalah memiliki kata tidak kurang dari 35.000 kata.
  2. Minimalnya tulisan dalam novel tersusun menjadi 100 lembar.
  3. Dalam penulisan novel biasanya alur cerita lebih kompleks jika dibandingkan dengan karya sastra yang lain
  4. Mengandung impresi atau kesan
  5. Umumnya novel dituliskan menggunakan kalimat narasi yang didukung oleh deskripsi untuk menggambarkan suasana dan kejadian yang ingin ditampilkan oleh novel tersebut.
  6. Durasi baca tidak kurang dari 2 jam, biasanya untuk bisa menyelesaikan membaca satu buah novel seseorang untuk membutuhkan paling tidak 2 jam.

Struktur Kepenulisan Novel

Struktur Kepenulisan Novel

Struktur Kepenulisan Novel

1. Abstrak

Yaitu ringkasan atau ulasan dari keseluruh cerita yang ada dalam sebuah novel.  Biasanya bisa ditemukan pada awal halaman, namun hal ini bersifat tidak harus artinya opsional

2. Orientasi

Orientasi adalah suatu penjelasan mengenai latar baik tempat maupun suasana.

3. Komplikasi

Urutan kejadian yang didasarkan pada sebab akibat

4. Evaluasi

Merupakan struktur konflik yang ada dalam novel lantas mengarah pada suatu titik tertentu

5. Resolusi

Artinya ketika dalam suatu karangan novel dimana sang tokoh menghadapi permasalahan penulis (di dalam kisahnya) memberikan solusi atas permasalah tersebut

6. Koda

Koda adalah bagian terakhir dari struktur kepenulisan novel, koda biasanya menyampaikan kesimpulan atau pesan moril yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.

Jenis – Jenis Novel

Jenis - Jenis Novel

Jenis – Jenis Novel

1). Jenis-jenis novel dilihat dari peristiwa atau kejadiannya

  • Novel Fiksi, merupakan tulisan atau karya yang dibuat berdasarkan imajinasi penulis dan tidak terjadi di dunia nyata
  • Novel Non Fiksi, merupakan tulisan atau karya yang dibuat berdasarkan kisah nyata dalam kehidupan dan pernah terjadi, entah itu pengalaman penulis sendiri maupun pengalaman orang lain.

2). Jenis-jenis novel berdasarkan genre atau bentuknya

  • Novel Romance merupakan novel yang di dalamnya mengisahkan cerita-cerita cinta dan kasih sayang, umumnya novel romance mengandung kalimat-kalimat yang melankolis.
  • Novel Horror merupakan novel yang menceritakan tentang dunia ghaib yang membuat pembaca merasa takut.
  • Novel komedi merupakan novel yang di dalamnya menceritakan kisah-kisah lucu dan mengundang gelak tawa dari pembaca.
  • Novel Inspiratif merupakan novel yang mengandung kisah-kisah yang menginspirasi atau memotivasi, umumnya novel inspiratif adalah novel non fiksi (meski tidak semua novel inspiratif).

3). Jenis-jenis novel berdasarkan tokohnya

  • Novel teenlit
    Sesuai dengan namanya teenlit novel teenlit berarti sebuah novel yang di dalamnya mengisahkan kehidupan remaja.
  • Novel dewasa
    Adalah novel yang mengisahkan kehidupan orang dewasa, khusus untuk novel ini baiknya dihindarkan dari anak-anak dibawah umur, karena tidak sedikit novel dewasa yang bahasanya terlalu pulgar dan tidak pantas jika dibaca oleh anak-anak.
  • Novel Songlit
    Adalah novel yang terinspirasi dari sebuah lagu kemudian disusun menjadi sebuah kalimat yang panjang dan mengisahkan tokoh yang ada dalam lagu tersebut.
  • Novel Chicklit
    Merupakan novel yang memiliki tokoh perempuan atau mengisahkan kehidupan perempuan muda yang cerdas

Unsur – Unsur Novel

Unsur-unsur dalam novel terbagi menjadi dua yaitu:

1. Unsur Intrinsik

Adalah untuk yang terdapat dalam novel tersebut (tertuang dalam tulisan), unsur intrinsik dalam novel meliputi:

  • Tema
    Merupakan suatu kisah (pokok bahasan) yang diangkat menjadi novel tersebut
  • Alur
    Alur  merupakan rangkaian cerita dalam novel dan dibedakan menjadi 3 yakni; alur maju adalah suatu kisah dengan rangkaian penulisan yang disusun berdasarkan kronologis cerita; alur mundur adalah kisah yang menceritakan suatu kejadian dimasa lalu; alur campuran merupakan kisah dalam sebuah novel yang terdiri dari alur maju dan alur mundur (biasanya dalam alur campurannya ini lebih kompleks)
  • Latar
    Gambaran dari peristiwa yang terjadi dalam novel tersebut meliputi latar tempat, latar waktu  dan suasana dari tokoh dalam novel
  • Tokoh
    Tokoh merupakan pelaku dalam novel yang menonjolkan watak dan karakteristiknya
  • Gaya bahasa
    Gaya bahasa dalam novel adalah gaya kalimat yang digunakan penulis dalam menyampaikan pesannya kepada para pembaca, seperti penggunaan majas pleonasme maupun majas lainnya yang mendukung
  • Amanat
    Merupakan suatu kesimpulan dari rangkaian cerita yang ingin disampaikan penulis kepada para pembaca. Biasanya amanat diletakan setelah cerita selesai atau tamat.

2. Unsur Ekstrinsik

Adalah unsur yang meliputi latar belakang penulis atau pengarang saat menulis novel tersebut misalnya; suasana hati, biografi dan lingkungan sekitar.

Itulah pengertian novel serta penjelasannya. Nah, sebagai bonus bagi anda pecinta sastra yang tertarik menulis novel, di bawah ini tips menulis novel untuk pemula:

  1. Menulislah tanpa tekanan
  2. Tentukan topik yang akan diangkat menjadi tulisan dalam novelmu
  3. Tulislah sebuah karya (novel) yang ditujukan untuk seseorang yang berarti, biasanya dengan begitu penulis akan lebih lancar menuangkan perasaannya
  4. Jangan dulu pusingkan soal struktur maupun unsur dalam novel (catatan: hanya untuk pemula)
  5. Tidak dibiasakan mengedit paragraf sebelum ceritanya tuntas, karena hal ini bisa menghambat ide yang harusnya tertuang
  6. Jika ceritamu sudah selesai kini waktunya membaca ulang dan memasukan semua struktur dan unsur yang harus ada dalam novel, jangan lupa sambil mengkoreksi setiap kalimat yang telah kamu tulis.
  7. Jika ingin membagikan tulisanmu pilihlah media yang tepat
  8. Atau ingin menerbitkannya menjadi sebuah buku. Kamu bisa cari penerbit yang siap menerbitkan karyamu.

Pertanyaannya apakah seorang pemula bisa menerbitkan novel? Tentu saja bisa, kamu bisa mencari penerbit indie yang akan siap membantu menerbitkan novelmu, hasilnya bisa dijadikan komersil maupun disimpai sebagai kenang-kenangan.

0 Comment

Leave a Comment