Orang Indonesia Wajib Tahu, Tidak Semua Lagu-lagu Arab Bertemakan Islami

Subtitle goes here

By:

Mei 15, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Orang Indonesia Wajib Tahu, Tidak Semua Lagu-lagu Arab Bertemakan Islami
Loading...

Baru-baru ini penyanyi Nissa Sabyan menjadi perbincangan publik, pasca menyanyikan lagu dengan judul Ya Tab Tab, yang dipopulerkan oleh Nancy Ajram, seorang penyanyi asal Lebanon.

Nissa Sabyan dan tim Sabyan Gambus pada saat itu tampil di acara Syiar Ramadan yang disiarkan televisi swasta Indonesia. Yang jadi perbincangan adalah Nissa Sabyan dan timnya dianggap tidak memahami makna lagu yang dilantunkannya, sehingga menganggap lagu tersebut sebagai lagu qasidah Islami.

Faktanya, lagu tersebut bercerita soal seorang perempuan yang sedang merajuk dengan pacarnya. Jika anda ketahui judul lagu Ya Tab Tab dalam bahasa Indonesia berarti Oh Montok.

Loading...
Nancy Ajram

Nancy Ajram

Tentunya lagu Ya Tab Tab tak sesuai dengan tema Syiar Ramadan. Yang perlu kita ketahui adalah kebanyakan masyarakat Indonesia menilai bahwa lagu-lagu arab selalu bernuansa qasidah Islami. Padahal lagu arab banyak yang bergenre pop, klasik, dan juga rock. Hal ini dibuktikan sejak zaman Umm Kalthum, Sabah, beserta Abdul Hafidzh.

Lagu-lagu arab juga banyak bercerita tentang kisah cinta, sepasang kekasih, kehidupan rumah tangga. Yang harus jadi pelajaran adalah, tidak semua lagu berirama padang pasir masuk dalam kategori nasyid.

Nancy Ajram yang lagunya dibawakan oleh Nissa Sabyan merupakan seorang penyanyi yang menganut kepercayaan Kristen Ortodox. Jadi tidak mungkin Nancy Ajram bakal bernyanyi dengan tema Islam, memuja Rasullullah dan bershalawat.

Alangkah baiknya, sebelum memutuskan menyanyikan lagu-lagu berbahasa arab, agar memahami arti alias makna dari lagu itu. Jadi biar tidak ada kesalahpahaman, kan gak cocok acaranya tentang Ramadan, yang dinyanyikan tentang wanita yang merajuk kepada pacarnya. semoga ini tidak terulang kembali.

0 Comment

Leave a Comment