28 C
Medan

Lupa Nomor BPJS? Berikut Cara Mengetahui Nomor BPJS

Seperti yang telah kita ketahui, BPJS menjadi salah satu asuransi kesehatan di Indonesia yang dikelola oleh perusahaan asuransi penerintah yang dibentuk berdasarkan Undang Undang No. 24 tahun 2011.

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang asuransi kesehatan nasional Indonesia seperti Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN untuk jangka pendek. Terdapat dua versi BPJS, yakni BPJS Kesehatan (penerus PT. Askes) dan BPJS Ketanagakerjaan (penerus Jamsostek).

Partisipasi individu dalam penggunaan BPJS ini bersifat wajib bagi semua penduduk Indonesia, dan untuk karyawan ekspatriat yang bekerja paling sedikit 6 bulan (dan anggota keluarga tanggungan mereka) harus didaftarkan oleh majikan mereka.

Setiap bulannya Anda wajib membayar premi sesuai kelas yang Anda daftarkan dengan pembayaran paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Jika premi jatuh tempo selama lebih dari 1 bulan, cakupannya menjadi tidak aktif pada tanggal 10 bulan berikutnya.

Oleh karena itu, Anda harus membayar premi yang beredar untuk diaktifkan kembali. Dalam 45 hari mengaktifkan kembali cakupan, perawatan rawat inap akan dikenakan denda. Hukumannya adalah 2,5% x biaya pengobatan x jumlah bulan tidak aktif. Ini maksimal 12 bulan atau Rp 30 juta, mana yang lebih rendah.

Anda bisa membayar premi via ATM, Internet Banking, beberapa e-commerce, atau teller di Bank Mandiri, BNI dan BRI. Selain itu, Anda juga dapat mengatur debit otomatis di bank tersebut. Adapun beberapa tempat lain yang bisa Anda datangi untuk membayar premi meliputi Alfamart dan Indomart, Kantor Pos atau kantor BPJS setempat.

Cara Daftar BPJS

Untuk karyawan, pendaftaran BPJS ini dilakukan oleh pihak perusahaan beserta keluarga tanggungan mereka. Dan untuk pendaftaran non-karyawan bisa dilakukan secara online. Untuk melakukan pendaftaran, terdapat beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  • KK (kartu keluarga) asli dan fotocopy
  • KTP (kartu tanda penduduk) asli dan fotocopy
  • NPWP asli dan fotocopy
  • Foto 3 × 4 cm (2 lembar)
  • E-mail
  • Nomor telepon
  • Nomor rekening bank untuk membayar premi dari.
  • Anda masih perlu pergi ke kantor BPJS setempat untuk mengambil kartu tersebut.

Catatan: Semua orang dengan Kartu Keluarga yang sama, akan otomatis terdaftar pada waktu yang sama.

Cara Cepat Mengetahui Nomor Kartu BPJS

Lupa menjadi hal yang memang rasanya tidak bisa terhindarkan, namun tentu saja hal tersebut tidak bisa dianggap sepele. Untuk hal-hal yang memang penting, Anda harus memiliki cara tersendiri agar mampu mengatasinya dengan baik, sehingga sekalipun Anda lupa, Anda tetap memiliki “backup file” tentang hal tersebut.

Nomor kartu BPJS sendiri memang bukan rangkaian digit yang mudah diingat, sehingga wajar saja jika Anda tidak ingat. Nomor ini tertera secara jelas di kartu BPJS, namun apa jadinya jika kartu BPJS tersebut hilang? Tenang saja, kami berikan cara mudah untuk mengetahui nomor kartu BPJS.

Syaratnya adalah anggota keluarga Anda (sesuai Kartu Keluarga) memiliki kartu BPJS tersebut. Adapun langkah-langkah untuk mengetahui nomor kartu BPJS yang hilang/lupa sebagai berikut:

  1. Gunakan kartu BPJS salah satu keluarga Anda sesuai Kartu Keluarga.
  2. Buka situs cek pembayaran tagihan BPJS pada laman berikut bpjs-kesehatan.go.id.
  3. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut: No Kartu BPJS (Isi dengan nomor kartu BPJS salah satu anggota keluarga Anda yang kartunya masih ada). Tanggal Lahir (Masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS). Angka Validasi (Isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya).
  4. Jika data sudah diisi dengan benar, selanjutnya silakan pilih “Cek”, sistem akan melakukan proses pengecekan untuk data yang Anda masukan, tunggu sampai selesai.
  5. Jika data benar, maka Anda akan melihat tampilan informasi data peserta BPJS yang Anda masukan, yang meliputi: Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Kepesertaan, Jenis peserta, Jumlah anggota keluarga, Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan, dan juga informasi tanggal pembayaran terakhir.

Cara tersebut memang sebuah cara untuk mengecek tagihan iuran bulanan BPJS yang dimiliki akun Anda, namun bisa juga Anda gunakan untuk mengetahui nomor kartu BPJS anda yang hilang atau mungkin secara tidak sengaja lupa.

Karena cara di atas akan menampilkan data setiap anggota keluarga Anda sesuai KK yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS akan muncul, dengan data, nama peserta, no. peserta, jumlah biaya tunggakan, dan sebagainya. Jika terdapat hal lainnya yang perlu Anda tanyakan, Anda juga bisa menghubungi BPJS Hotline 24 jam di 1500400 (Indonesia).

Demikian artikel mengenai Cara Mengetahui Nomor BPJS dengan Mudah. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,614FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles