28 C
Medan

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Mobil merupakan alat transportasi yang dipilih oleh banyak orang karena memiliki kapasitas serta fasilitas yang nyaman. Sadarkah Anda bahwa saat ini pertumbuhan kendaraan yang beredar di jalan begitu sangat pesat? Hal tersebut tidak lain karena hadirnya banyak perusahaan leasing sebagai pihak yang membiayai sistem pembelian mobil secara kredit.

Tentu saja hal ini menjadi solusi yang memberikan kemudahan tersendiri untuk memiliki kendaraan, khususnya roda empat. Namun pembelian barang secara tunai tetap menjadi sebuah prinsip ekonomi yang baik, sehingga Anda akan terbebas dari utang yang akan menjadi sebuah beban materil. Lantas apa keuntungan membeli mobil secara tunai dan kredit? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai

Jika Anda memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil secara tunai, kami akan sangat merekomendasikan Anda untuk melakukan pembelian mobil secara tunai. Adapun keuntungan membeli mobil secara tunai, antara lain:

1. Diskon untuk pembelian secara tunai

Program diskon dari dealer merupakan keuntungan langsung yang bisa Anda dapatkan, tentu saja dengan adanya diskon ini Anda bisa memiliki mobil dengan harga yang jauh lebih murah. Berbeda saat Anda memutuskan untuk membeli secara kredit, maka akan terdapat selisih yang jauh lebih mahal hingga berkali lipat dibanding dengan membeli mobil secara cash.

Pasalnya pembelian kredit akan melibatkan banyak biaya mulai dari biaya uang muka/DP, cicilan perbulan plus bunga, belum lagi penalti karena keterlambatan pembayaran perbulan yang bisa saja turut dalam akumulasi perhitungan. Sedangkan pembayaran tunai akan memberikan harga asli dari mobil tersebut. Belum lagi, adanya promo dalam bentuk diskon harga atau penawaran, serta hadiah menarik lainnya apabila pembeli membayar secara tunai.

2. Terlepas dari beban dan mudah untuk diuangkan kembali

Saat Anda membeli mobil secara tunai, artinya setelah Anda melakukan pembayaran dan proses lainnya, kendaraan tersebut adalah mutlak milik Anda. Dengan demikian beban yang Anda dipundak akan hilang, dan menjadi sebuah aset yang akan menunjang berbagai kebutuhan Anda. Tentu saja hal ini berbeda dengan membeli mobil secara kredit, Anda masih harus menunggu waktu pelunasan hingga BPKB mobil diserahkan kepada Anda.

Selama masa cicilan Anda memiliki dua beban yang masih harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu, pertama Anda harus membayar biaya angsuran setiap bulan dan apabila ada kebutuhan mendadak mobil tidak bisa serta merta dijual kembali, karena pada dasarnya mobil yang dibeli dengan sistem kredit tersebut belum menjadi milik Anda sepenuhnya.

3. Tidak ada suku bunga yang tiba-tiba menjulang tinggi

Seperti yang diketahui bersama, bahwa pada sistem kredit terdapat suku bunga kredit yang telah diatur oleh BI. Sehingga mungkin saja suatu waktu terjad peningkatan jumalh cicilan yang harus Anda bayarkan dengan bunga yang membengkak. Maka dengan membeli secara tunai, Anda akan terbebas dari kemungkinan buruk tersebut.

Keuntungan Membeli Mobil Secara Kredit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sistem kredit kendaraan ini memang menjadi sebuah solusi bagi Anda yang memiliki sejumlah uang untuk menutupi uang muka dan cicilan per bulannya. Lalu apa keuntungan dari membeli mobil secara kredit, berikut diantarnya:

1. Menambah perputaran modal

Jika Anda membeli mobil dengan tujuan untuk menjalankan/mendukung kepentingan usaha, sistem kredit ini akan sangat membantu Anda dalam hal perputaran modal. Karena dengan pembelian secara kredit Anda tidak perlu membayar keseluruhan harga, cukup dengan membayar sejumlah uang muka, lalu sisanya dibayar secara berkala. Namun pastikan Anda memperhatikan mengenai likuiditas pemasukan dari usaha yang dijalankan agar Anda bisa membayar angsuran hingga tuntas, tanpa ada suatu kendala.

2. Proses dan persyaratan kredit yang mudah

Proses dan persyaratan dari membeli mobil secara kredit ini memang tebilang mudah, apalagi jika Anda memang sudah mengetahui hal-hal yang menjadi persyaratan pengajuan kredit mobil di leasing. Dengan kredit tentu yang harus dipikirkan adalah besaran DP dan angsuran per bulan yang jadi tunggakan untuk dibayarkan, dengan begitu Anda bisa mendapatkan mobil yang diinginkan dengan lebih cepat.

3. Biaya yang diangsur membuat beban yang dipikul terasa lebih ringan

Keuntungan membeli secara kredit yang kedua adalah dari segi psikologis. Membayar dengan sistem angsuran setiap bulan ini terasa lebih ringan, dibanding sebuah pengeluaran dalam satu waktu secara sekaligus.

4. Tidak perlu membayar total harga keseluruhan

Mengeluarkan uang sekali dengan besaran ratusan juta jelas akan mengurangi kemampuan ekonomi dalam satu waktu. Dengan kredit, cukup DP yang dibayarkan sedangkan sisanya masih bisa digunakan untuk mendanai keperluan lainnya. Hal ini tentu jauh lebih ringan dibandingkan harus menghabiskan keseluruhan simpanan untuk membeli sebuah mobil sedangkan ada kebutuhan lain yang tidak tercukupi.

Kredit Mobil Bikin Rugi?

Dibalik keuntungan yang Anda dapatkan dengan melakukan pembelian mobil secara kredit ini, tentu saja terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Apakah sistem kredit ini akan tidak menimbulkan masalah pada keuangan Anda atau tidak? Berikut beberapa kerugian jika Anda membeli mobil secara kredit, antara lain:

1. Menambah Utang

Sudah jelas pembelian mobil secara kredit akan menambah utang Anda. Sedangkan, keuangan yang sehat adalah bebas dari utang. Maka perlu perencanaan yang sungguh-sungguh, apakah Anda siap dengan angsuran per bulannya yang telah menjadi kewajiban yang harus dibayarkan secara tepat waktu?

2. Menjadi Beban Keuangan Tambahan

Dengan mengambil jalan pintas, berupa kredit. Tentu saja Anda harus memenuhi pembayaran angsuran setiap bulannya, dan dengan begitu akan menjadikan beban keuangan Anda bertambah dari biasanya.

3. Suku Bunga yang tidak stabil

Suku bunga yang tiba-tiba melambung tinggi menjadi kemungkinan buruk yang sangat bisa terjadi. Sudah siapkah Anda akan resiko ini? Apabila muncul suatu hal yang mengguncang kondisi sosio politik dalam negeri tentu bisa saja kredit mobil yang sedang berjalan turut terdampak. Setidaknya imbas yang paling mungkin adalah bila terjadi kenaikan suku bunga kredit, sehingga Anda akan mendapati beban yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembelian mobil, baik secara tunai dan kredit. Pastikan Anda telah memiliki perhitungan serta pertimbangan yang matang. Pastikan Anda tetap memiliki dana darurat untuk berbagai kebutuhan yang sifatnya mendadak. Dan juga pastikan dengan mobil ini Anda bisa mendapatkan value yang lebih.

Demikian artikel mengenai Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit. Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini menjadi sebuah referensi dan bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kredit mobil. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,614FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles