30 C
Medan

Kartu ATM Terblokir? Ini Cara Membukanya

ATM merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri, sementara dalam bahasa inggris adalah Automatic Teller Machine. ATM berfungsi untuk mengakses sejumlah layanan perbankan seperti menarik uang tunai, transfer dana, cek saldo, bayar tagihan kartu kredit, atau berbagai keperluan keuangan sehari-hari seperti membayar listrik, pulsa, atau tagihan lainnya.

Cara Membuka ATM Terblokir

Pemblokiran kartu ATM seringkali terjadi karena Anda memasukkan PIN yang salah sebanyak tiga kali. Cara termudah agar kartu ATM tersebut diaktifkan kembali adalah dengan menghubungi Call Center Bank yang bersangkutan.

Untuk prosesnya sendiri cukup mudah dan cepat, namun hal ini hanya bisa dilakukan jika Anda bisa mengingat kembali PIN kartu ATM tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan KTP atau identitas yang Anda gunakan saat membuka rekening, serta buku tabungan untuk melihat nomor rekening dan nomor kartu ATM yang terblokir terebut. Dokumen ini akan memudahkan Anda dalam melakukan verifikasi dengan pihak Bank, karena mereka akan menanyakan hal tersebut sebagai syarat membuka data yang tersimpan di dalam sistem, serta memastikan bahwa Anda adalah benar orang yang memiliki dan berhak atas rekening yang bersangkutan.
  2. Hubungi nomor Call Center dari Bank sesuai dengan rekening Anda. Pastikan nomor yang Anda hubungi benar-benar bahwa nomor call center yang benar. Hal ini untuk menghindari berbagai tindak kejahatan yang bisa saja terjadi.
  3. Selanjutnya, Anda akan dihubungkan dengan Customer Service yang siap mendengarkan keluhan dan masalah yang Anda sampaikan. Dan akan melakukan beberapa verifikasi untuk mencocokkan data diri pengguna dengan data yang tersimpan di dalam siste. Proses verifikasi ini tidak membutuhkan wakut yang lama, hanya akan berlangsung beberapa menit saja.
  4. Jika semua data sesuai, maka customer service akan menanyakan apakah Anda masih mengingat PIN yang digunakan sebelum kartu ATM tersebut terblokir. Hal ini berguna untuk memastikan agar kartu ATM tersebut bisa diaktifkan kembali melalui sambungan telepon saja tanpa perlu mendatangi Bank. Dan pengguna tentunya tidak perlu menyebutkan PIN tersebut kepada Customer Service.
  5. Setelah proses pengaktifan/pembukaan blokir selesai dilakukan, kartu ATM tersebut sudah bisa digunakan kembali. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya lagi dalam hitungan hari saat proses pengaktifan selesai. Bahkan, pada beberapa bank, proses pengaktifan kembali ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.
  6. Namun, proses ini tidak berlaku pada semua bank. Salah satunya adalah BRI. Jika pengguna mengalami pemblokiran kartu ATM, baik dalam kondisi masih mengingat PIN maupun tidak mengingatnya lagi, pengguna wajib mendatangi bank tempat rekening tersebut dibuat. Kemudian melakukan pembukaan blokir kartu ATM tersebut dan proses ini akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000.

Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa nomor Call Center Bank yang bisa dihubungi saat kartu ATM terblokir:

  • BCA
    Hubungi Hallo BCA di nomor 1500888. Atau sambungan telepon ke kantor pusat BCA di nomor (021) 235-88000. Pembukaan blokir kartu ATM bisa dilakukan melalui sambungan salah satu dari layanan telepon tersebut.
  • BNI
    Hubungi Call Center Bank BNI di nomor 500046 atau (021) 500046/(021) 68888. Pembukaan blokir ATM bisa dilakukan lewat layanan ini hanya jika pengguna masih mengingat PIN ATM tersebut. Sementara jika pengguna sudah tidak mengingat PIN-nya, pembukaan blokir harus dilakukan di kantor cabang BNI terdekat.
  • Bank Mandiri
    Hubungi Call Center Bank Mandiri di nomor 14000 atau (021) 5299-7777. Layanan ini bisa digunakan untuk membuka blokir kartu ATM atau meminta pengiriman ulang PIN yang baru. Khusus untuk permintaan pengiriman ulang PIN ATM yang baru, pihak Bank Mandiri akan melakukannya melalui layanan Mandiri SMS.
  • Bank CIMB Niaga
    Hubungi Call Center Bank CIMB Niaga di nomor 14041 atau (021) 2997 8888. Layanan ini bisa digunakan untuk membuka blokir kartu ATM.

Tahapan Menggunakan ATM dengan Benar dan Aman

Mengingat fungsinya yang sangat penting untuk Anda melakukan beragam kegiatan perbankan. Maka Anda harus bisa menggunakan ATM dengan benar dan aman, agar terhindar dari potensi kejahatan. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar transaksi aman.

  • Saat Anda memasukkan kartu ke slot mesin ATM pastikan tidak ada hal yang mencurigakan.
    Kartu Anda harus bisa leluasa keluar masuk pada mesin dan tidak ada ganjalan atau tambahan alat yang menghalangi kartu tersebut. Karena belakangan ini marak terjadi modus pencurian dengan memasang alat perekam data di ujung slot, dan kamera pengintai di atas mesin untuk merekam password yang Anda masukkan. Adapun kamera pengawas bank bentuknya sangat mudah dikenali, berada di pojok atas, dan mengarah persis ke muka pengguna ATM.
  • Pastikan kartu tidak dalam keadaan terbalik.
    Cek kartu Anda biasanya terdapat simbol berupa panah yang menunjukkan bahwa posisi panah berada di bagian atas dan mengarah ke slot mesin. Secara mudah diartikan bagian atas kartu tidak boleh Anda balik dan masukkan ke slot. Ketiga, masukkan pin Anda. Terakhir, pilih menu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikian artikel mengenai Cara Mudah Membuat ATM yang Terblokir. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles