26 C
Medan

e-Faktur Error: “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan” dan Cara Mengatasinya

Saat Anda ingin membuat faktur pajak elektronik (e-Faktur) untuk menjalankan kewajiban dalam hal perpajakan, pernahkan Anda mendapatkan notifikasi “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan”.

Munculnya teks tersebut tentu sangat mengganggu Anda dalam melakukan pembuatan faktur pajak elektronik. Namun tahukah Anda, bahwa notifikasi tersebut tidak mungkin muncul tanpa sebab. Anda perlu memastikan bahwa database yang ada utuh dan tidak mengalami kerusakan.

Karena munculnya notifikasi “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan” menandakan adanya masalah dalam database sehingga aplikasi tidak bisa dijalankan. Database (basis data) adalah kumpulan data yang terorganisir, umunya disimpan dan diakses secara elektronik dari suatu sistem komputer.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi error pada aplikasi e-Faktur, simak penjelasannya di bawah ini.

Kenapa Muncul Notifikasi “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan” ?

Penyebab munculnya notifikasi “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan” ini adalah dua hal, yakni sebagai berikut:

  1. Database corrupt
    Database corrupt menjadi faktor utama adanya notifikasi “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan”. Biasanya hal ini terjadi karena terjadi kesalahan saat proses pentransferan data.
  2. Database yang ada tidak sama dengan aplikasi e-Faktur yang digunakan
    Selain itu, kemungkinan lainnya adalah karena database yang ada tidak sama dengan aplikasi e-Faktur yang digunakan. Dalam hal ini Anda perlu melakukan update aplikasi e-Faktur.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat muncul Notifikasi “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan”

Saat Anda mendapatkan notifikasi Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan”, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut sehingga Anda mengetahui cara terbaik untuk menanganinya:

  1. Memeriksa program-program yang baru diinstal apakah menghabiskan memori atau RAM pada komputer Anda, dan apakah program yang baru diinstal menggunakan software JAVA yang sama dengan aplikasi e-Faktur atau tidak.
  2. Memeriksa antivirus, sebab software antivirus bisa saja mengidentifikasi beberapa file sebagai file yang berbahaya. Bahkan bisa saja software antivirus mendeteksi aplikasi e-Faktur sebagai program yang berbahaya, sehingga aplikasi e-Faktur otomatis akan di-block. Tugas Anda adalah untuk memastikan terlebih dahulu bahwa firewall tidak mem-block aplikasi e-Faktur tersebut.
  3. Memeriksa isi database e-Faktur, apakah terdapat file dalam database yang berubah atau apakah ada file database yang hilang.

Jika ketiga langkah pemeriksaan di atas sudah Anda lakukan, akan tetapi tetap saja muncul notifikasi “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan”, maka bisa dipastikan database corrupt.

Solusi Bila Aplikasi e-Faktur Error

Saat e-Faktur memberikan notifikasi “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan” karena terjadinya database corrupt. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kesalahan saat melakukan copy database saat aplikasi e-Faktur dijalankan. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya:

  1. Silakan lakukan pemeriksaan pada folder “db” yang terdapat di aplikasi e-Faktur.
  2. Selain itu, pastikan folder “ETaxInvoice” hanya ada satu. Jika Anda menemukan dua folder “ETaxInvoice”, maka harus menghapus salah satu, dengan melihat tanggal modifikasi folder “ETaxInvoice” tersebut. Anda harus menyisakan folder yang terisi lengkap, yakni yang terdapat log, seg0, tmp, db.lck, README_DO_NOT_TOUCH_FILES, service.properties.
  3. Jika versi e-Faktur Anda berbeda dengan versi database, Anda hanya perlu mengubungkan aplikasi dengan internet, lalu tunggu hingga aplikasi diperbarui (update). Apabila aplikasi tidak melakukan update, silakan untuk copy folder “db”, lalu paste ke folder aplikasi e-Faktur versi terbaru.
  4. Apabila setelah Anda meng-copy “db” ke dalam folder aplikasi e-Faktur versi terbaru, namun aplikasi tetap tidak dapat dijalankan, artinya database e-Faktur memang benar-benar corrupt. Di sini Anda perlu melakukan reset aplikasi e-Faktur dan melakukan registrasi ulang aplikasi e-Faktur dengan aplikasi e-Faktur terbaru agar Anda tetap dapat menikmati layanan ini.
  5. Jika PC server mati, maka pastikan PC server menyala dan aplikasi e-Faktur berjalan. Pergi ke menu File, lalu pilih “Administrasi db (database)”, kemudian tekan tombol “Start db sebagai server.” Masalah Anda akan teratasi dengan langkah tersebut.

Demikian artikel mengenai Penyebab e-Faktur Error “Database Tidak Dapat Diakses, Pastikan Aplikasi e-Faktur Tidak Berjalan” dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles