26 C
Medan

Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik dan Cara Memilihnya

Mencari perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang cocok dengan kebutuhan diri sendiri maupun keluarga memang tidak bisa dibilang mudah. Banyak masalah dihadapi orang ketika memilih asuransi kesehatan.

Tips yang utama dalam memilih asuransi kesehatan ini adalah pastikan Anda memilih produk asuransi yang manfaatnya sesuai kebutuhan, bukan karena pilihan si agent atau bujukan teman, tapi karena memang itu pilihan Anda atas dasar pemahaman akan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Sebenarnya tidak ada rumus mutlak dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus. Anda hanya perlu memilih yang paling sesuai sama kebutuhan dan budget. Namun, kami telah merangkum beberapa tips dalam memilih asuransi kesehatan terbaik, antara lain:

1. Ajukan Ketika Sehat

Di dalam asuransi kesehatan terdapat ketentuan ‘pre – exisiting condition’. Kondisi penyakit yang sudah ada sebelum Anda menjadi nasabah asuransi kesehatan. Penyakit – penyakit yang sudah ada ini umumnya tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

Walaupun, dalam kondisi tertentu bisa saja perusahaan asuransi mau menanggungnya. Sehingga lebih baik ajukan diri Anda ke asuransi ketika sehat. Karena besar kemungkinan pihak asuransi akan menolak permohonan Anda, jika Anda mengajukan asuransi saat sakit.

2. Ajukan Saat Usia Muda

Perusahaan asuransi juga memperhitungan premi asuransi kesehatan berdasarkan usia, semakin bertambah usia maka risiko sakit atau kematian makin tinggi. Sehingga orang berumur lebih tua membayar premi lebih mahal dari yang umur lebih muda.

3. Jangan Cash Plan

Cash-plan adalah jenis asuransi dengan manfaat berdasarkan berapa lama dirawat inap. Misal dirawat 10 hari, asuransi mengganti 1 juta kali 10 hari, yaitu 10 juta. Tanpa melihat lagi berapa tagihan sebenarnya. Sedangkan,  asuransi kesehatan yang baik  adalah yang melakukan penggantian berdasarkan tagihan biaya – biaya perawatan di rumah sakit.

Seperti adanya biaya kamar, biaya dokter, biaya obat, biaya lab, biaya operasi, biaya spesialis dan lain – lain, dimana masing – masing memiliki plafond sendiri – sendiri. Dengan hal ini, maka akan sangat kecil kemungkinan mengalami overplafond yang mengharuskan Anda merogoh kocek sendiri untuk membayar tambahan biaya yang tidak ditanggung asuransi.

Memang awalnya cash plan itu terlihat murah dengan premi yang lebih rendah. Tapi kalau kita hitung dengan baik, membandingkan premi versus manfaatnya, cash plan menjadi mahal.

4. Syarat Rawat Inap

Perhatikan syarat rawat inal yang ditawarkan asuransi kesehatan, pasalnya setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Biasanya, pihak asuransi menetapkan aturan mengenai rawat inap, sebagai berikut:

  • Rawat inap harus dilakukan di rumah sakit. Artinya jika rawat inap di klinik, pihak asuransi tidak akan menggantinya. Pastikan dengan pihak asuransi, apa yang dimaksud rumah sakit.
  • Berapa lama rawat inap menjadi persyaratan. Ada yang menetapkan 1 hari rawat inap sudah bisa diklaim, tapi ada yang mengharuskan minimal 2 hari rawat inap. Ada yang hanya di UGD (tidak perlu masuk kamar dulu) selama minimal beberapa jam, sudah bisa diklaim karena masuk kategori rawat inap. Persyaratan ini harus jadi pertimbangan saat mengevaluasi penawaran asuransi. Tanyakan ke agen soal ketentuan rawat inap ini.

5. Asuransi Keluarga

Untuk Anda yang telah berkeluarga, pasti asuransi kesehatan diperuntukkan untuk lebih dari satu orang. Oleh karena itu lebih baik mencari asuransi kesehatan yang bisa menanggung  satu polis untuk satu keluarga.

Pasalnya tidak semua anggota keluarga butuh asuransi jiwa (misal hanya pencari nafkah utama yang butuh, anak atau istri/suami tidak butuh). Membeli satu polis lebih murah dari beli beberapa polis untuk satu keluarga. Saya sudah cek ke beberapa asuransi dan membandingkan premi yang perlu dibayar.

6. Double – Claim

Pilih asuransi yang bisa menerima double – claim. Denhan begitu terdapat salah satu pihak asuransi kesehatan hang  mau menerima kwitansi legalisir (tidak perlu kwitansi asli) untuk membayar klaim, mqka dengan begitu akan membuat proses double – claim dapat dijalankan.

7. Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi kesehatan murni sendiri memberikan proteksi lebih maksimal untuk perawatan kesehatan. Sebab, premi yang Anda setorkan tidak akan dibagi lagi menjadi investasi. Dengan demikian, manfaat yang didapatkan pun akan lebih baik.

Dan Premi asuransi kesehatan murni lebih murah dibandingkan asuransi kesehatan unit link. Namun walau begitu, bukan berarti jangan membeli unit link. Tidak sama sekali. Silakan Anda beli produk yang memang sesuai kebutuhan Anda.

Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik 2021

Memilih asuransi kesehatan yang bagus memang cukup membingungkan. Pasalnya, manfaat yang diberikan sangat beragam. Ada yang lebih menonjolkan rawat inap, ada pula biaya pengobatan, dan sebagainya. Berikut ini rekomendasi asuransi kesehatan murni terbaik untuk Anda jadikan referensi:

1. Asuransi Kesehatan Manulife

Salah satu asuransi kesehatan murni Manulife yang unggul adalah perlu pusing memikirkan sisa tagihan yang mesti kamu bayarkan sepulangnya dari rumah sakit. MiUltimate Healthcare ini memberikan pembayaran manfaat berdasarkan tagihan rumah sakit kamu alias as charged, sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan sisa tagihan yang mesti dibayarkan sepulangnya dari rumah sakit.

Produk MiUltimate Healthcare ini juga merupakan asuransi pertama yang memberikan santunan pada penyakit HIV/AIDS, pembedahan rekonstruksi, pengobatan tradisional Tiongkok, Fisioterapi, dan Chiropractic. Selain itu, usia tertanggung yang diterima cukup maksimal, yaitu mulai dari 18 tahun hingga 70 tahun. Dan untuk limit biaya kamar adalah maksimal Rp3 juta per hari di Indonesia dan hingga Rp9 juta per hari jika dirawat di luar negeri.

2. Asuransi Kesehatan Allianz

Asuransi Allianz menyediakan tiga pilihan asuransi kesehatan dari Allianz yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari Smartmed Premier, SmartHealth Maxi Violet, dan unit syariah Allisya Care.

  • Smartmed Premier merupakan produk asuransi kesehatan yang ditujukan bagi tertanggung maksimal 80 tahun. Manfaat yang diterima rawat inap, rawat jalan, melahirkan, dan perawatan gigi.
  • SmartHealth Maxi Violet memberikan manfaat tambahan berupa santunan harian. Selain itu, nggak ada masa tunggu untuk bisa menikmati manfaat asuransi ini yang berbeda dengan produk Smartmed Premier.
  • Sementara itu, kamu yang menginginkan produk asuransi kesehatan berbasis syariah bisa memilih Allisya Care. Usia masuk untuk bisa memiliki polis asuransi kesehatan ini dimulai dari usia 15 hari hingga 60 tahun. Untuk proses klaim, tersedia metode cashless maupun reimbursement.

3. Asuransi Kesehatan AXA

AXA Financial Indonesia menyediakan asuransi kesehatan yang unggul, yaitu Maestro Optima Care. Maestro Optima Care memiliki keunggulan, seperti masa pertanggungan hingga 99 tahun. Dengan cara bayar bisa mulai dari bulanan hingga tahunan. Untuk premi bulanannya sendiri mulai dari Rp421.235 saja.

Menariknya Maestro Optima Care tidak memiliki limit per kondisi medis alias inner limit. Sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan maksimal sesuai kebutuhan kamu. Plus, asuransi dari AXA ini mengizinkan adanya  pre-existing condition  alias penyakit yang sudah ada sebelumnya dengan masa tunggu.

4. Asuransi Kesehatan Cigna

Asuransi Kesehatan Cigna merupakan perusahaan asuransi dari Amerika Serikat yang memberikan asuransi kesehatan dengan bonus premi. Menarik bukan? Cigna Health Protection menerapkan premi sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp36 ribu saja per bulan. Premi tersebut berlaku untuk usia 18 tahun sampai 29 tahun.

Sementara itu, bagi Anda yang berusia 60 tahun sampai 65 tahun bisa membayar premi terjangkau, yaitu Rp412 ribu. Manfaat yang Anda terima termasuk santunan tunai hingga Rp1 juta per hari. Bahkan, Anda berhak mendapat bonus 25% dari total pembayaran premi apabila tidak melakukan klaim dalam waktu dua tahun.

5. Asuransi Kesehatan Sinar Mas

Asuransi Kesehatan Sinar Mas menawarkan asuransi individual dengan tiga pilihan plan, yakni Simas Sehat Gold, Simas Sehat Executive, dan Simas Sehat Income. Masing-masing memberikan perlindungan perawatan kesehatan cashless untuk rawat inap di rumah sakit. Bahkan, premi bisa Anda cicil menggunakan kartu kredit. Pertanggungan asuransi ini berlaku hingga usia 75 tahun.

Produk dari asuransi kesehatan ini cukup kompleks dan banyak disclaimer-nya. Maka sebelum memutuskan untuk memilih perusahaan asuransi kesehatan, silakan Anda baca polis dan belajar memahami pengertian asuransi kesehatan yang Anda pilih sehingga Anda akan mendapat asuransi kesehatan yang tepat.

Demikian artikel mengenai Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik dan Cara Memilihnya. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,593FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles