26 C
Medan

Cara Menyiapkan Tabungan Umroh di Reksadana

Haji merupakan hukum islam yang kelima, dimana setiap muslim apabila telah mampu diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji. Ada beberapa syarat dalam melaksanakan ibadah haji, yang dapat dilihat sebagai berikut:

  • Islam
  • Sudah baligh
  • Memiliki akal yang sehat
  • Hamba merdeka atau bukan budak
  • Mampu secara fisik dan secara finansial
  • Apabila wanita sebaiknya mempunyai mahram

Allah berfirman dalam surah Ali-Imran ayat 97 yang menjelaskan terkait kewajiban haji bagi umat-Nya. Adapun bunyi surah Ali-Imran ayat 97 sebagai berikut:

Surah Ali-Imran ayat 97
Surah Ali-Imran ayat 97

Artinya:

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam,” (QS Ali-Imran ayat 97)

Selain ibadah haji, umat muslim juga dapat melaksanakan ibadah umroh. Umroh dapat dilakukan di Mekah al-Mukarramah khususnya di Masjidil Haram. Haji dan Umroh memiliki kesamaan, namun terdapat perbedaannya. Perbedaanya dapat dilihat dalam ibadah Umroh tidak mengerjakan mabut, wukuf, serta melontarkan jumrah (hal ini dikerjakan juga oleh yang beribadah haji).

Tentu untuk menjalankan satu kewajiban, harus dibarengi dengan upaya pula. Mengingat pula untuk melaksanakan umroh, membutuhkan dana yang cukup. Salah satu langkahnya adalah dengan menabung, misalnya di Reksadana.

Cara Siapkan Tabungan Umroh di Reksadana

Menabung bagi sebagian orang adalah cara yang sulit dilakukan sendiri. Melihat hal ini, Reksadana hadir membawa kabar buat calon jamaah umroh. Dimana calon jamaah umroh bisa memilih Bareksa Umroh dengan beberapa detail informasi sebagai berikut:

Bareksa Umroh

Barekssa umroh memiliki beberapa pilihan paket seperti paket karomah, milad, barokah, ramadhan dan paket hemat (selama 12 hari). Harga paket hemat sendiri dibandrol senilai 21,5 juta rupiah dengan fasilitas meliputi:

  • Tiket pesawat pulang-pergi (jakarta-jeddah)
  • Mendapatkan pembimbing ibadah
  • Visa Umrah
  • Asuransi Perjalanan
  • Manasik
  • Biaya akomodasi selama pelaksanaan umroh
  • City Tour
  • Ziarah (Madinah,Makkah dan Jeddah)
  • Makan 3x dalam sehari
  • Umrah sebanyak 2 kali
  • Air zam zam sebanyak 5 liter
  • Perlengkapan dan handling

Bareksa Umroh juga memiliki beberapa produk reksadana pasar uang syariah, diantaranya:

  • Syailendra Sharia Money Market Fund
  • Mandiri pasar uang syariah ekstra
  • Cipta dana kas syariah

Berdasarkan data 2019 pada bukan oktober, reksadana memberikan imbalan hasil sebesar 0,43-0,5 persen. Sehingga jika di akumilasikan selama setahun, maka akan memperoleh 5,16 persen sampai 6 persen.

Selain menggunakan cara diatas, Anda dapat melakukan persiapan untuk dana Haji/Umroh, sebagai berikut:

Emas Murni atau Logam Mulia

Diamana untuk mendapatkan nya, lebih baik apabila Anda langsung membeli di Bank yang telah bersertifikat. Bisa pula datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang dari PT Aneka Tambang (ANTAM) yang merupakan perusahaan pertambangan yang ada di Indonesia.

ANTAM menjual emas murni atau logam mulia yang telah bersertifikat asli. Sedikit informasi bahwa perbedaan antara emas perhiasan dan emas murni terletak pada kandungan nya.

Apabila emas murni mengandung kadar kemurnian (karat) sebesar 24 karat  begitu juga logam mulia dengan kadar emas 99,99 persen. Sementara itu, emas perhiasan hanya memiliki kadar 22 karat dan memiliki kemurnian 91 persen saja.

Reksadana Syariah

Berbagai jenis investasi berlomba-lomba menawarkan kelebihannya. Namun kali ini akan membahas Investasi Reksadana sebagai tempat untuk menghimpun kumpulan dana dari masyarakat modal yang kemudian di investasikan kembali oleh manajer investasi sesuai dengan ketentuan UU Pasar Modal No 8 Th. 1995 Prihal “kehalal-an” reksadana sendiri Anda tidak perlu khawatir.

Sebab terdapat reksadana syariah dimana telah disediakan dua akad seperti, Mudharabah dan wakalah. Penggelolaannya diatur menggunakan sistem yang telah disesuaikan dengan fatwa majelas ulama indonesia (MUI).

Saham Syariah

Saham adalah bagian modal dari suatu perseroan terbatas yang diperjual-belikan dan mendapatkan surat bukti kepemilikannya. Anda dapat memilih saham syariah sebagai pilihan untuk menabung dan menginvestasikan dana untuk masa yang akan datang, misalnya dana umroh.

Saham syariah sendiri mempunyai sistem dimana bagi hasil antara investor dan emiten dan resiko ditanggung berdua, serta menggunakan akad musyawarah. Investasi syariah tidak terdapat maysir dan ghahar, artinya maysir mengambil tindakan resiko yang berlebihan sementara ghahar pemberian informasi yang dapat menyesatkan seseorang.

Demikian ulasan kami mengenai kewajiban umroh bagi umat muslim, serta cara mempersiapkan danaya. Sebagai catatan, sebelum Anda berniat memulai sebuah investasi sebaiknya terlebih dahulu harus mengenali apa itu karakter dari investasi yang akan dipilih. Semoga ulasan kami membantu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles