26 C
Medan

Cara Mengambil Antrian BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Tujuan utama dari program BPJS Ketenagakerjaan adalah memberikan jaminan keuangan yang lebih stabil di masa tua atau di masa pensiun. Pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan ini seringkali menimbulkan antrian yang panjang, karena hal tersebut Pemerintah membuat layanan online berupa Lapak Asik (Pelayanan Tanpa Kontak Fisik).

Antrian BPJS Ketenagakerjaan online ini dibuat untuk memudahkan nasabah dalam mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT). Awalnya, layanan antrian BPJS Ketenagakerjaan online ini hanya untuk mengambil antrian saja, selebihnya peserta tetap harus datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Kemudian pada pertengahan 2020, BPJS meluncurkan program Lapak Asik (Pelayanan Tanpa Kontak Fisik) sehingga proses klaim JHT bisa sepenuhnya dilakukan secara online. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah membantu Pemerintah dalam menekan penyebaran virus Corona. Dan tentu saja program ini menjadi solusi atas antrian BPJS Ketenagakerjaan yang selalu menimbulkan antrian yang panjang. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini.

Jenis Produk BPJS Ketenagakerjaan

Badan penyelenggara jaminan sosial yang dibentuk pemerintah ini berupaya menghadirkan proteksi yang lengkap bagi para pekerja Indonesia. Dengan menawarkan 4 jenis produk perlindungan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK). Berikut penjelasannya:

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Jaminan Kecelakaan Kerja adalah perlindungan diri atas resiko kecelakaan kerja mulai dari perjalanan pergi, pulang, dan di tempat bekerja, serta perjalanan dinas.

2. Jaminan Kematian (JKM)

Jaminan Kematian ini memberikan manfaat uang tunai yang diberikan kepada ahli waris ketika peserta. Meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja.

3. Jaminan Hari Tua (JHT)

Manfaat JHT adalah berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya, yang dibayarkan secara sekaligus apabila peserta mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia, dan cacat total tetap.

Peserta yang berhenti bekerja karena mengundurkan diri, terkena PHK dan sedang tidak aktif bekerja dimanapun; atau peserta yang meninggalkan wilayah Indonesia untuk selamanya juga termasuk dalam kategori Pensiun.

4. Jaminan Pensiun

Jaminan pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat.

Jaminan pensiun ini berupa Uang tunai bulanan yang diberikan kepada peserta (yang memenuhi iuran minimum 15 tahun yang setara dengan 180 bulan) saat memasuki usia pensiun sampai dengan meninggal dunia.

Cara Daftar Antrian BPJS Ketenagakerjaan Online untuk Klaim JHT

Untuk daftar antrian BPJS Ketenagakerjaan online tanpa tatap muka, berikut, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Melalui browser, silakan kunjungi situs resmi daftar LAPAK ASIK di lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  2. Selanjutnya, isi Data Pekerja dan Data Pekerja Tambahan dengan lengkap.
  3. Silakan isi juga Sebab Klaim dan disertai dokumen pendukung.
  4. Pilih tanggal, waktu pengajuan, dan kantor cabang yang terdekat.
  5. Setelah itu, Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari BPJSTK berupa informasi email kantor cabang, data diri, syarat dokumen, formulir, serta barcode.
  6. Selanjutnya silakan Anda siapkan hasil scan dokumen pendukung yang asli, termasuk formulir klaim JHT yang sudah terisi lengkap.
  7. Kirimkan dokumen sesuai persyaratan tersebut dengan barcode antrian online, dan foto diri ke email kantor cabang dengan subjek: ANTRIAN_TANGGALKEDATANGAN_NAMA LENGKAP_NOMOR KPJ.
  8. Lampirkan data diri peserta di badan email, berupa: Nama, NIK, email, no handphone, tanggal kedatangan (booking).
  9. Jika semua sudah diselesaikan, petugas kantor cabang akan melakukan verifikasi data.
  10. Jika pengajuan Anda lolos, selanjutnya Anda akan dihubungi oleh pihak kantor cabang, maksimal H-1 sebelum tanggal pencairan yang telah ditentukan lewat video call, email, atau SMS.

Banyak kasus peserta gagal mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan mereka lantaran tidak memiliki surat paklaring. Sebabnya ada yang karena perusahaannya tutup. Tenang, setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat membuat surat paklaring sendiri di dinas tenaga kerja (disnaker).

Namun lokasi disnaker harus berada dekat dengan kantor lama Anda. Selain itu Anda harus memberikan data yang jelas dan benar terkait proses lamanya bekerja, Misalnya proses keluar masuk kantor baru. Jika ada ketidakcocokan dengan dokumen yang tercatat di kantor BPJS Ketenagakerjaan maka pengajuan klaim akan ditolak

Syarat Dokumen Pengajuan Klaim Antrian BPJS Ketenagakerjaan (JHT) Online

Agar pengajuan klaim BPJSTK Anda lolos, pastikan Anda sudah melampirkan dokumen berikut secara lengkap:

  • Kartu Peserta BPJS TK (asli)
  • Formulir Pengajuan Klaim JHT
  • KTP (asli dan 1 lembar fotokopi)
  • KK (asli dan 1 lembar fotokopi)
  • Surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan (asli dan 1 lembar fotokopi)
  • Buku Rekening Asli beserta Nomor Rekening dan masih aktif
  • Buku rekening tabungan (asli dan 1 lembar fotokopi)
  • Foto Diri terbaru Tampak Depan
  • NPWP (asli dan fotokopi) khusus untuk klaim JHT dengan saldo di atas Rp50 juta

Syarat Kepesertaan Pengajuan Klaim dan Antrian BPJS Ketenagakerjaan Online

Selain persyaratan dokumen di atas, Anda juga harus memenuhi syarat kepesertaan yang dilihat dari faktor-faktor penguat pengajuan klaim BPJSTK, antara lain:

  • Peserta BPJS TK mencapai usia pensiun 56 tahun.
  • Peserta BPJS TK mengundurkan diri dari perusahaan tempatnya bekerja dan tidak memiliki pekerjaan dengan gaji tetap.
  • Peserta mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) yang diinisiasi oleh tempatnya bekerja.

Sangat disarankan bagi peserta untuk mengirim syarat-syarat dokumen pencairan dana JHT satu hari sebelum tanggal antrian BPJS Ketenagakerjaan online yang didapatkan agar dapat diproses dengan lebih cepat.

Demikian artikel mengenai Cara Mengambil Antrean BPJS Ketenagakerjaan Secara Online. Semioga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,593FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles