27 C
Medan

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Terbaru 2021

Sering kali anda sebagai pelajar maupun mahasiswa diminta untuk mengerjakan tugas berupa makalah, sayangnya tidak semua tahu cara membuat makalah yang baik dan benar. Disini kami akan berbagi cara membuat makalah yang baik dan benar namun sebelum masuk pembahasan inti ada baiknya anda tahu pengertian, fungsi, jenis, ciri dan struktur dalam membuat makalah.

Pengertian Makalah

Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang didasari metode penelitian terlebih dahulu agar isi dari makalah yang dibuat dapat dipertanggung jawabkan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Makalah adalah tulisan resmi tentang suatu produk yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan (1) Karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah maupun perguruan tinggi (2).

Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

Berikut di bawah ini pengertian Makalah menurut Para Ahli, antara lain sebagai berikut.

  • E. Fachrudin

Makalah adalah jenis tugas kuliyah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil dari pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang suatu produk.

  • J.S Poerwadarminta

Makalah adalah uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dan dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.

  • Siswoyo Harjodipuro

Makalah adalah suatu karya tulis baik yang ditulis oleh para mahasiswa sebagai pemenuhan tugas mata kuliyah maupun yang ditulis oleh para sarjana sebagai hasil study atau penyelidikan.

Fungsi Makalah

Berdasarkan pengertian umum makalah dapat kita ketahui bahwa fungsi dari makalah adalah untuk menyelesaikan tugas berupa karya tulis. Di bawah ini beberapa fungsi makalah secara lebih spesifik:

  1. Mengembangkan konsep keilmuan yang bersumber pada penelitian.
  2. Memperluas wawasan bagi penulis makalah, karena ketika proses/ sebelum menulis pastilah harus dilakukan observasi terlebih dulu.
  3. Melatih penulis (pelajar maupun mahasiswa) untuk mahir menulis karya ilmiah yang baik dan benar melalui sumber-sumber yang dijadikan rujukan.
  4. Memperluas pengetahuan penulis terhadap suatu materi yang ia kembangkan dalam makalahnya.

Jenis – Jenis Makalah

Berikut di bawah ini jenis – jenis Makalah, antara lain sebagai berikut.

1). Makalah Ilmiah

Merupakan makalah yang dibuat berdasarkan kajian ilmiah terlebih dahulu dan dalam pembahasannya tidak dicantumkan gagasan dari penulis.

2). Makalah Kerja

Merupakan makalah yang dibuat berdasarkan penelitian terlebih dahulu dan memungkinkan penulis mengemukakan argument atau gagasannya dalam isi makalah yang dibuat.

3). Makalah Induktif

Merupakan makalah yang ditulis berdasarkan fakta dilapangan dan bersifat objektif. Penulis tidak menuangkan gagasan untuk dibahas dalam makalah yang ia tulis untuk memenuhi tugasnya. Meski begitu dalam proses pembuatannya, makalah induktif haruslah berkaitan dengan pembahasan dalam makalah.

4). Makalah Deduktif

Merupakan makalah yang ditulis berdasarkan kajian teori yang berhubungan dengan pembahasan dalam makalah tersebut.

5). Makalah Kajian

Merupakan makalah yang dibuat dengan tujuan pemecahan suatu masalah yang dikemukakan lewat tulisan.

Ciri – Ciri Makalah

Berikut di bawah ini ciri – ciri Makalah, antara lain sebagai berikut.

1). Sumber dapat dipertanggung jawabkan

Artinya isi dari makalah harus bersumber pada rujukan yang jelas sehingga makalah yang dibuat memiliki nilai kepenulisan yang tinggi. Sumber harus dicantumkan dalam lembar daftar pustaka agar pembaca dari makalah yang anda buat bisa mengetahui sumber-sumber yang dijadikan sebagai referensi sehingga anda terhindar dari tuduhan plagiat dikemudian hari.

2). Akurat

Dalam penulisan makalah hendaklah ditulis secara akurat juga menyeluruh sampai tuntas jangan sampai isi dari makalah menggantung. Hal tersebut akan membingungkan pembaca.

3). Imbang

Jika anda memasukan unsur subjektif dalam isi pembahasan makalah maka harus bersifat seimbang dalam  mengeluarkan gagasan/ sudut pandang dari setiap masalah yang dibahas.

4). Tersusun Rapi

Ciri yang tidak kalah penting dari sebuah karya tulis makalah adalah susunan yang rapi sesuai kaidah pembuatan makalah.

Struktur Pembuatan Makalah

Berikut di bawah ini struktur pembuatan Makalah, antara lain sebagai berikut.

1). Cover

Hal-hal yang tercantum dalam cover makalah umumnya Judul, icon atau gambar sesuai pembahasan/judul dan nama lengkap penulis disertai tempat dan tahun terbit makalah.

2). Kata Pengantar

Kata pengantar bisa berupa ucapkan terima kasih, misalnya jika anda seorang pelajar maupun mahasiswa sampaikan ucapan terima kasih kepada guru/ dosen atau bimbingannya sehingga makalah bisa dibuat.

Setelah itu sampaikan sedikit pandangan terhadap isi makalah yang akan dibahas.

3). Daftar Isi

Daftar isi merupakan daftar tata letak halaman dari setiap Judul Bab maupun Sub Bab dalam makalah.

Pendahuluan

Pendahuluan dalam makalah adalah hal-hal yang berkaitan dengan:

  • Latar Belakang
    Sebutkan latar belakang dari pembuatan makalah yang dibuat, misalnya untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran/ tugas kuliyah serta alasan mengapa penulis mengangkat topic yang dibahas.
  • Rumusan Masalah
    Rumusan masalah di isi dengan pertanyaan-pertanyaan yang isinya terdapat dalam pembahasan makalah yang ditulis.
  • Tujuan
    Terakhir dari pendahuluan adalah Tujuan. Nah, dalam halaman tujuan silahkan tulis tujuan dari pembuatan makalah serta tujuan mengapa anda membahas topic yang terdapat dalam makalah yang dibuat.

5). Isi (Pembahasan Inti)

Bagian isi adalah bagian terpenting dalam sebuah karya tulis salah satunya makalah.

Isi makalah berisi teori-teori dari topic yang anda bahas serta uraian materi secara terperinci dan jelas.

Antara bagian Isi dan latar belakang serta rumusan masalah haruslah saling berhubungan. Jadi pastikan sebelum anda membuat makalah anda harus sudah menguasai materi yang akan dijadikan sebagai bahasan.

6). Penutup

Kesimpulan
Simpulkan secara singkat inti dari isi pembahasan berupa poin-poin penting yang tidak boleh dilewatkan pembaca.

Saran
Saran disini ialah untuk ditujukan pada para pembaca dalam menanggapi masalah/ bahasan yang tertulis dalam makalah yang anda buat.

7). Daftar Pustaka

Sebagai mana telah disinggung di atas daftar pusta berisi daftar sumber atau rujukan atas bahasan yang anda bahas. Dalam daftar pustaka harus ditulis secara jelas meliputi: Nama pengarang, judul sumber, tahun terbit sumber, nama penerbit serta alamat penerbit.

Itulah hal-hal yang harus anda pahami terlebih dulu sebelum membuat makalah. Sekarang kita lanjut ke cara membuat makalah.

Cara membuat makalah tentu saja tidak terlepas dari struktur pembuatan makalah di atas. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

1). Tentukan Tema

Hal pertama sebelum mulai menulis anda harus menentukan tema apa yang akan dibahas agar dalam penyusunan makalah bisa lancar tanpa harus menimbang-nimbang lagi.

2). Tentukan Judul Makalah

Judul adalah yang akan dilihat pertama kali maka buatlah judul yang menarik  sehingga pembaca akan terus membuka halaman demi halaman makalah yang anda tulis.

3). Mulai Menulis

Silahkan mulai menulis dengan mengikuti struktur kepenulisan makalah sebagai mana dijelaskan di atas.

4). Preview

Jika sudah selesai sunting kembali makalah anda dan pastikan tidak ada bahasan yang keliru seperti salah penempatan paragraph, penyusunan kalimat maupun typo dan yang terpenting jangan sampai salah mencantumkan sumber (tertukar). Setelah itu preview tulisan anda.

Jika sudah tidak ada yang keliru maka, Selamat! Makalah anda sudah selesai dibuat dan bisa langsung di print out maupun diserahkan pada guru/ dosen dalam bentuk file sesuai yang ditugaskan.

Bagaimana tidak begitu rumit bukan? Asal anda tahu terlebih dulu struktur menulis makalah maka langkah selanjutnya akan terasa ringan. See u semoga tulisan ini bisa dijadikan salah satu sumber ketika anda membuat makalah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles