Cara Membuat Google Form dengan Cepat dan Mudah

Subtitle goes here

By:

Mei 04, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Cara Membuat Google Form
Loading...

Google form merupakan formulir berbasis online yang disediakan oleh google guna memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan survey data. Umumnya google form digunakan oleh sebuah perusahaan untuk melakukan survey konsumen seperti daftar hadir seminar, kebutuhan pelanggan, saran dan kritik disertai data diri dari para responden.

Meski sebagian besar google form di gunakan oleh perusahaan-perusahaan namun tidak sedikit organisasi, instansi maupun secara pribadi menggunakan google form yang merupakan fasilitas dari google ini untuk kebutuhan survey tertentu.

Selain memudahkan pekerjaan dalam bidang pendataan atau survey fasilitas google form bisa anda akses secara gratis hanya perlu bermodalkan sambungan internet.  Meski dalam mengakses google form diperlukan internet yang perlu anda ketahui bahwa google form bisa terhubung dengan google drive dan spreadsheet yang artinya anda bisa menyimpan secara offline file hasil/ respon atas survey yang anda lakukan via google form.

Loading...

Di atas adalah gambaran google form secara sederhana agar pembaca mudah untuk memahaminya. Tidak perlu berlama-lama lagi di bawah ini langkah-langkah membuat google form.

  1. Anda harus memiliki akun google. Jika belum memiliki akun google silahkan buat akun google terlebih dahulu disini untuk bisa menikmati layanan-layanan yang terdapat dalam akun google yang anda miliki
  2. Jika sudah memiliki akun google silahkan login dengan memasukan e-mail dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya
  3. Setelah login pilih Google Formulir atau dengan cara buka link ini https://docs.google.com/forms/
  4. Akan terdapat tulisan Star a new form silahkan tambahkan dengan pilih Blank/ Kosong
  5. Pada tulisan Untitle Form silahkan klik dan ganti dengan nama formulir sesuai kebutuhan anda misalnya ‘Data Pelanggan PT Sentosa Jaya’
  6. Terdapat tampilan google form secara otomatis, jika anda ingin mengubah tampilannya maka silahkan pilih command button (tombol/tombol perintah yang tersedia)
  7. Kini form siap diisi dengan pertanyaan-pertanyaan sesuai kebutuhan survey. Klik Untitle Question untuk bisa memasukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah anda sediakan
  8. Untuk mengubah jenis pertanyaan silahkan pilih pada multiple choice
  9. Kemudian pilih Required
  10. Untuk menambahkan pertanyaan selanjutnya silahkan pilih Add Question
  11. Formulir pada google form ini akan memiliki sistem auto save atau penyimpanan otomatis. Maka untuk melihat lembar pertanyaan anda silahkan pilih Preview dengan icon mata yang terdapat di bagian atas sebelah kanan laman
  12. Setelah form sukses dibuat kini anda bisa langsung mengirimnya dengan klik Send yang terdapat di bagian atas sisi paling kanan.

Itulah cara mudah membuat google form. Nah, setelah google form terkirim ke beberapa lamat e-mail yang dijadikan sebagai responden kini hanya tinggal menunggu e-mail balasan yang merupakan respon dari para responden.  Setelah memberikan jeda sesuai target anda, langkah selanjutnya adalah membuka hasil survey.

Agar pembahasan ini tidak setengah-setangah kami juga akan memberitahu anda cara untuk membuka hasil dari google form. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Membaca Hasil Survei di Google Form

Cara Membaca Hasil Survei di Google Form

Cara Membaca Hasil Survei di Google Form

  1. Masuk ke akun google – google form
  2. Terdapat beberapa judul formulir (jika anda memiliki lebih dari satu judul formulir survey). Pilih formulir survey yang ingin anda lihat respon atau tanggapannya
  3. Anda akan diarahkan ke halaman tanggapan survei kemudian pilih Tanggapan yang berada di bagian atas laman
  4. Terdapat dua pilihan yakni Ringkasan (anda akan disajikan hasil tanggapan/ respon secara rangkum) sedangkan jika anda memilih Individual maka akan terlihat hasil respon secara perorangan.

Sampai pada tahap ini anda sudah bisa membaca hasil survey yang anda lakukan. Namun untuk lebih memudahkan anda melakukan analisa silahkan convert google form anda ke dalam spreadsheet yang terdapat pada pojok kanan atas (icon excel warna hijau) caranya sebagai berikut:

  1. Klik pilihan Spreadsheet (icon excel warna hijau)
  2. Pilih Buat Spreadsheet Baru
  3. Klik BUAT
  4. Maka anda akan langsung masuk ke spreadsheet dengan data hasil dari responden.

Sedangkan jika anda ingin mencetak hasil responden secara perorangan sebagai dokumen anda bisa print out dengan cara:

  1. Masuk ke halaman tanggapan sebagai mana dijelaskan di atas hingga form tanggapan muncul
  2. Terdapat titik tiga vertikal di samping icon excel di pojok kanan paling atas
  3. Pilih icon printer ‘cetak semua tanggapan’
  4. Akan muncul layar preview kemudian pilih Save
  5. Tentukan lokasi tempat penyimpanan file responden tersebut
  6. File akan di save dengan format PDF
  7. Setelah di save silahkan buka lokasi penyimpanan file tadi dan anda bisa mulai mencetaknya sebagaimana anda akan mencetak sebuah dokumen melalui menu file – print – setting pengaturan printer kemudian pilih

Selesai! kini anda bisa mengarsipkan tanggapan dari para responden atas survey yang anda lakukan via google form.

Dengan menggunakan fasilitas google form anda tidak perlu repot-repot melakukan survey secara langsung dengan mendatangi para responden, cukup membuat pertanyaan via google form dan mengirimkannya tunggu hingga anda mendapat respon dari para responden. Setelah itu anda bisa melakukan analisa terhadap survey yang dilakukan.

0 Comment

Leave a Comment