29 C
Medan

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau Curriculum Vitae merupakan Daftar Riwayat Hidup secara individual. CV biasanya digunakan oleh para pelamar kerja guna sebagai dokumen pelengkap dari surat lamaran kerja. Banyak para pelamar kerja yang asal-asal membuat CV dengan dalih formalitas padahal CV adalah dokumen terpenting untuk melamar pekerjaan bahkan kami berani bilang CV sama pentingnya dengan surat lamaran kerja.

Karena dalam CV akan dimuat semua data diri anda serta pengalaman-pengalaman dan kemampuan yang anda miliki. Jauh sebelum kemajuan teknologi seperti sekarang ini para pelamar kerja menggunakan formulir CV yang sudah jadi lantas mengisi form-form tersebut secara manual dengan tulisan tangan sehingga informasi dalam CV terbatas pada format yang tersedia.

Namun kini CV semacam itu sudah jarang ditemui, para pelamar kerja semakin kreatif membuat CV berbasis komputerisasi yang bisa memuat banyak informasi sesuai kebutuhan yang anda kehendaki. Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan tips membuat CV atau Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar serta menarik hati HDR sehingga anda diberikan kesempatan untuk interview.

Langsung saja, di bawah ini langkah-langkah membuat CV yang baik dan benar serta menarik. Sebelum mulai membuat CV pastikan anda tahu pada perusahaan mana anda akan melamar, baca profile perusahaan tersebut serta tentukan posisi atau jabatan yang menjadi tujuan anda guna mengetahui kualifikasi dan syarat-syarat yang dibutuhkan agar sesuai dengan CV yang akan anda buat.

1. Desain Layout CV

Jika anda membuat CV menggunakan photoshop, corel draw maupun Microsoft Office Word maka hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat desain/ tampilan CV.

Buatlah desain sesimple mungkin namun tetap elegent, hal tersebut akan memberikan kesan kesiapan anda untuk bekerja. Hindari perpaduan warna yang berlebihan pada desain CV anda.

2. Tempatkan Data Pribadi Pada Susunan Pertama CV

Data pribadi menjadi hal mendasar dalam pembuatan CV. Isilah Data pribadi selengkap dan sejelas mungkin. Secara umum isi Data Pribadi pada CV mencakup hal-hal di bawah ini:

  • Nama
  • Tempat & Tanggal Lahir
  • Alamat Domisili
  • Nomor Handphone
  • E-mail
  • Jenis Kelamin
  • Agama
  • Tinggi Badan
  • Berat Badan

Jika anda memiliki LinkedIn maka disarankan untuk menyertakannya dalam format Data Pribadi di atas pada CV yang anda buat, apalagi jika anda melamar kerja pada perusahaan-perusahaan besar.

“LinkedIn merupakan situs jejaring sosial yang berorientasi pada bisnis.”

3. Susunan Pendidikan Formal

Buatlah susunan pendidikan formal yang anda tempuh sedetail mungkin mulai dari lulus Sekolah Dasar hingga pendidikan terakhir yang anda tempuh disertai tahun kelulusannya.

4. Pendidikan Non Formal

Sebagai point plus anda bisa memasukan pendidikan non formal yang mendukung pada jabatan yang anda lamar. Misalnya mengikuti kursus Bahasa Inggris dan Kursus Komputer.

5. Pengalaman Kerja & Pelatihan-pelatihan

Tuliskan secara berurutan berdasarkan tahun anda berhenti kerja di perusahaan-perusahaan sebelum anda melamar pada perusahaan yang dituju kini.

Dalam penulisan pengalaman kerja usahakan disertai alasan-alasan atas berhentinya anda dari perusahaan sebelumnya. Point ini akan menjadi pertimbangan bagi HRD untuk memberikan kesempatan kepada anda atau tidak.

6. Kemampuan Bahasa & Kemampuan Teknis

Tidak bisa dipungkiri kemampuan bahasa diluar bahasa Indonesia terlebih Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin sangat diperlukan dalam dunia usaha maka sertakan kemampuan bahasa yang anda miliki.

Bukan hanya kemampuan bahasa, sisipkan juga kemampuan teknis yang berhubungan dengan jabatan yang anda lamar.

7. Informasi Lainnya

Pada bagian informasi lainnya anda bisa menambahkan hobi maupun referensi yang mendukung/berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar.

8. Kalimat Pernyataan

Buatlah kalimat pernyataan bahwa CV dibuat atas kehendak anda pribadi berdasarkan fakta yang sebenarnya. Perlu ditekankan, hal-hal yang sudah anda sebutkan dalam form CV di atas harus disertai bukti terlampir berupa fotokopi dokumen-dokumen (KTP, Ijazah, Sertifikat-sertifikat, Surat Pengalaman Kerja/Paklaring) sesuai dengan yang anda sebutkan dalam CV.

9. Tanda Tangan

Bubuhkan tanda tangan disertai tempat dan tanggal dibuatnya CV. Berdasarkan langkah-langkah di atas anda bisa mulai membuat CV dengan susunan:

  1. Data Pribadi
  2. Pendidikan Formal
  3. Pendidikan Non Formal
  4. Pengalaman Kerja
  5. Pelatihan-Pelatihan
  6. Kemampuan Bahasa
  7. Kemampuan Teknis
  8. Informasi Lainnya

Itulah cara membuat CV yang baik dan benar yang bisa kami share untuk pembaca semua.

Jangan lupa setelah selesai membuat CV ada hal penting lain yang tidak boleh anda lupakan yakni Baca Kembali CV yang telah anda buat untuk mengecek apakah terdapat kesalahan-kesalahan dalam penempatan kalimat maupun salah ketik alias typo.

Jangan remehkan hal ini! Bisa jadi sebelumnya HRD perusahaan yang anda tuju tertarik melihat desain CV serta kualifikasi dari CV anda. Namun ketika di tengah-tengah terdapat ketidakcocokan kalimat atau typo hal tersebut bisa saja membuat HRD berpikir bahwa anda bukan pekerja/karyawan yang teliti lantas mencoret nama anda dari daftar pelamar yang lolos.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles