Cara Membuat Blog Pribadi dengan WordPress dan Blogspot

Subtitle goes here

By:

Mei 04, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Cara Membuat Blog
Loading...

Blog merupakan sebuah wadah atau aplikasi untuk memuat tulisan-tulisan yang bisa dibaca oleh seluruh orang yang terhubung dengan jaringan internet dengan membuka link/alamat blog yang dibuat.

Blog sangat diperlukan bagi anda yang memiliki hobi menulis, jangan sampai tulisan-tulisan anda tersimpan begitu saja dalam file. Cobalah mengekspolari bakat yang anda miliki dengan memposting tulisan-tulisan anda ke dalam blog karena bisa jadi tulisan anda disukai banyak pembaca dan menginspirasi, terlebih untuk lebih lanjutnya bisa menjadi pundi-pundi uang bagi anda sebagai penulis maupun pengelola blog.

Hanya saja kebanyakan orang berpikir ‘ribet ah bikin blog, nulis ya nulis aja terus kalau ingin dibaca orang lain tinggal kirim ke Koran harian untuk dimuat’ pemikiran ini tidak bisa disalahkan karena pada kenyataannya memang beberapa tulisan bisa dengan mudah dimuat dalam Koran juga diberikan imbalan oleh pihak redaksi. Tapi seiring kemajuan teknologi hal tersebut terlalu ketinggalan zaman terlebih tidak semua tulisan bisa lolos untuk dimuat dalam Koran.

Loading...

Kini semua serba berbau teknologi bahkan untuk membaca berita pun tak perlu lagi membeli Koran, kita hanya perlu terhubung internet lalu buka web browser dan cari berita yang sedang memanas pekan ini.

Jika anda memiliki blog dan memuat artikel tidak perlu melakukan proses pengecekan editor, anda bisa dengan bebas berekspresi lewat tulisan kemudian memposting dan membagikannya kepada para pembaca melalui link blog tersebut.

Agar anda bisa mulai menulis dan memposting tulisan dalam blog di bawah ini kami berbagi trik membuat blog pribadi menggunakan WordPress dan Blogspot yang bisa anda ikuti langkahnya dengan mudah.

Membuat Blog Pribadi dengan WordPress

Membuat Blog Pribadi dengan WordPress

Membuat Blog Pribadi dengan WordPress

  • Buka situs resmi dari WordPress, klik disini
  • Klik pada tulisan Mulai Situs Web Anda yang terdapat dalam kotak berwarna merah
  • Lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan memasukan alamat e-mail, nama pengguna yang ingin anda tampilkan di WordPress serta kata sandi. Lalu klik buat akun
  • Terdapat 4 opsi yaitu onlie store, bussines, Profesional dan Blog. Silahkan pilih Blog untuk mulai membuat wordpress
  • Pilih keterangan sesuai kebutuhan anda lalu klik Continue
  • Buatlah alamat web wordpress yang anda inginkan misalnya: wordpress.com pilih Free bagi anda yang ingin mendapatkan layanan gratis
  • Kemudian pilih Start with a free site
  • Anda akan diarahkan pada halaman dashboard wordpress
  • Terdapat pilihan konfirmasi e-mail silahkan klik
  • Buka alamat e-mail yang anda input pada saat pendaftaran di atas. Anda akan menerima link verifikasi, silahkan lakukan verifikasi dengan mengklik link yang diterima melalui e-mail tersebut hingga anda kembali ke halaman dashboard wordprees tadi.

Nah, sampai pada langkah ini anda sudah memiliki blog pribadi di wordpress dengan alamat web yang sudah dibuat di atas, seperti yang dicontohkan yakni contohwebku.wordpress.com.

Adapun cara mensetting laman wordpress pilihlah menu Pengaturan yang terdapat pada laman wordpress anda. Silahkan sesuaikan tampilan wordpress sesuai kebutuhan. Jika web anda selesai di setting maka anda bisa mulai menulis artikel dengan masuk ke menu Tulisan.

Membuat Blog Pribadi dengan Blogspot

Membuat Blog Pribadi dengan Blogspot

Membuat Blog Pribadi dengan Blogspot

Selain menggunakan wordpress anda juga bisa membuat blog pribadi dengan menggunakan layanan gratis dari blogspot. Adapun cara membuat blogspot pribadi adalah sebagai berikut:

  • Buka situs blogger, klik disini
  • Jika anda sudah masuk ke situs blogger silahkan pilih Create Your Blog untuk memulai
  • Anda akan diarahkan pada halaman pendaftaran silahkan pilih Buat Akun kemudian masukan alamat e-mail yang valid serta kata sandi yang anda kehendaki
  • Lakukan verifikasi akun blogspot melalui e-mail yang anda terima dengan cara klik link yang terdapat pada e-mail verifikasi, jika belum menerima e-mail verifikasi anda bisa melewati langkah ini dan lanjut ke langkah berikutnya.
  • Anda akan masuk ke halaman blogger dan diminta untuk memasukan nama pengguna yang ingin anda tampilkan di blog anda nantinya. Kemudian pilih Lanjut ke Blogger
  • Pilih Create New Blog
  • Setelah itu akan muncul pop-up. Terdapat kolom Title yang harus anda isi dengan Judul Blog yang anda buat  
  • Masukan juga Alamat Web yang anda inginkan di kolom Address
  • Silahkan pilih tema yang terdapat pada bagian bawah kolom Address lalu klik Create Blog

Cara tersebut di atas cukup bagi anda yang ingin memiliki blog pribadi, kini anda sudah memiliki blog pribadi dengan alamat web yang sudah anda buat tadi. Tapi tunggu dulu! Lantas bagaimana cara untuk mulai membuat artikel di halaman blogspot kemudian membagikannya pada para pembaca? Secara umum anda bisa mengikuti langkah sederhana di bawah ini:

  • Masuk ke menu Postingan yang terdapat pada sisi kiri halaman web
  • Kemudian pilih Entri Baru
  • Masukan judul pada kolom Title
  • Mulailah menulis pada lembar kerja yang tersedia. Maupun dengan cara buka file Ms. Word kemudian copy dan paste tulisan yang sudah anda buat sebelumnya di lembar kerja blogspot
  • Baca kembali tulisan yang sudah di paste, pastikan tidak ada typo serta sesuaikan layoutnya
  • Jika sudah mantap untuk membagikan tulisan anda silahkan pilih Publish
  • Maka tulisan anda sudah bisa di baca oleh pengunjung blog yang anda miliki.

Tips bagi pemula jika sudah berhasil membuat tulisan dan dipublish silahkan share alamat/ link dari tulisan yang anda buat melalui media-media sosial seperti facebook, group WA, instagram, twitter dll., agar blog anda dikenal oleh orang banyak serta mendapatkan pergerakan grafik pengunjung yang tinggi.

Itulah cara membuat blog pribadi menggunakan wrodpress dan blogspot bagi pemula yang bisa diikuti dengan mudah juga tanpa dikenakan biaya.

Jangan lupa! Setiap selesai memposting tulisan di blog pribadimu jangan malu-malu untuk membagikan link pada teman-taman media sosial anda agar blog yang anda miliki memiliki banyak pengunjung untuk kemudian bisa dijadikan sebagai penghasilan dan bisa dipasangkan iklan. Dengan catatan tampilan serta tulisan yang terdapat dalam blog anda menarik banyak pengunjung untuk menjadi pembaca setia artikel-artikel yang anda muat dalam blog.

Sekian trik dan tips membuat blog pribadi dari kami, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semua.

0 Comment

Leave a Comment