27 C
Medan

Cara Melihat dan Mencairkan Saldo Asuransi AIA Financial

Asuransi merupakan sebuah langkah yang membantu Anda dalam mempersiapkan kebutuhan darurat di masa mendatang, baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau jenis asuransi lainnya. Asuransi juga menjadi salah satu dari banyaknya media yang bisa digunakan untuk berinvestasi.

Terdapat banyak asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, salah satunya AIA Financial. Satu hal yang harus diingat ketika Anda memilih sebuah asuransi adalah dan perhitungan dan penawaran keuntungan yang ada. Dimana dalam hal ini setiap layanan asuransi memiliki korimako yang berbeda-beda untuk soal perhitungan dan penawarannya.

Saat Anda ingin mencairkan saldo premi yang dimiliki, tentu saja Anda harus mengetahui saldo yang ada di asuransi AIA Financial. Untuk mengetahui bagaimana cara cek dan mencairkan saldo premi dari asuransi AIA Financial, simak penjelasan berikut ini.

Cara Cek Saldo AIA Financial

Terdapat berbagai cara untuk cek saldo AIA Financial, antara lain:

1. Cek Saldo Melalui Situs Resmi AIA Financial

Anda bisa cek saldo AIA Financial melalui situs resminya di alamat www.aia-financial.co.id. Untuk melihat saldo di situs ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun dari My AIA yang terdapat pada bagian menu atas. Selanjutnya Anda bisa cek saldo premi yang dimiliki kapan saja dan di mana saja.

2. Cek Saldo Melalui Call Center AIA Financial

Untuk cek saldo dengan lebih cepat, Anda juga bisa menghubungi call center AIA Financial di nomor 1500980, lalu ikuti instruksi yang ada pada mesin penjawab telepon hingga terhubung dengan customer service AIA Financial.

3. Cek Saldo dengan Mengunjungi Kantor Cabang AIA Financial

Jika Anda ingin berkunjung ke kantor cabang AIA, sebaiknya Anda juga memiliki permasalahan lain terkait asuransi yang dimiliki selain cek saldo. Hal ini karena kantor cabang AIA yang hanya tersedia di kota-kota besar saja dan tentu saja tidak terlalu efektif jika Anda datang ke kantor cabang hanya untuk cek saldo premi.

Adapun kantor cabang AIA yang ada di kota-kota besar, sebagai berikut:

  • AIA Central, di Jl. Jend. Sudirman Kav. 48A, Jakarta Selatan, 12930.
  • AIA Bandung, di Wisma Monex Lantai 11, Jl. Asia Afrika No. 133-137, Bandung, 40112.
  • AIA Surabaya, di Sinarmas Land Plaza Lantai 14, Jl. Pemuda No. 60-70, Surabaya.
  • AIA Medan, di Jl. Iskandar Muda No. 31, Medan.

4. Cek Saldo dengan Bertanya Langsung ke Agen Asuransi AIA Financial

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa bertanya pada agen asuransi yang pertama kali memprospek Anda. Akan tetapi, pastikan dulu bahwa agen asuransi tersebut masih aktif serta terdaftar sebagai agen asuransi AIA Financial. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari penyalahgunaan data sebagai nasabah nantinya.

Cara Pencairan Asuransi AIA Financial

AIA Financial menjadi sebuah perusahaan asuransi swasta yang memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses pencairan saldo. Berikut beberapa cara dalam mencairkan saldo pada asuransi AIA Financial:

1. Mengajukan Dokumen Klaim

Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim pencairan. Anda dapat mengirimkan dokumen klaim pencairan atau datang langsung ke kantor cabang maupun kantor pusatnya.

2. Melanjutkan Proses Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen

Setelah dokumen pencairan sudah diterima, pihak AIA Financial akan memeriksa kelengkapan dokumen. Jika ada beberapa dokumen yang belum lengkap, maka pihak AIA akan menginformasikannya melalui SMS serta surat.

Selanjutnya, Anda akan diberikan waktu maksimal 30 hari untuk melengkapi kembali dokumen yang kurang. Jika batas waktu yang diberikan belum juga dilakukan melengkapi dokumen, maka pihak AIA Financial akan mengembalikan dokumen klaim kepada Anda.

3. Menunggu Pemberitahuan Melalui SMS

Apabila dokumen klaim dinyatakan sudah lengkap, maka proses pencairan asuransi akan dilanjutkan ke tahap berikutnya. Anda akan menerima konfirmasi pemberitahuan melalui SMS yang menjelaskan bahwa dokumen telah selesai dilengkapi.

4. Menunggu Keputusan Klaim

Selanjutnya, proses analisis akan dilakukan oleh tim penilai klaim terhadap klaim pencairan yang diajukan. Keputusan akan diberikan setelah tim penilai selesai melakukan analisis.

5. Memeriksa Pembayaran Klaim

Setelah hasil dari keputusan klaim dinyatakan setuju, maka pihak AIA Financial akan membayar klaim kepada Anda. Keputusan ini akan diinformasikan melalui SMS atau surat. Maka Anda harus memastikan nomor kontak serta domisili yang dicantumkan sesuai dengan data sebenarnya agar proses pencairan dapat berlangsung dengan lancar dan cepat.

6. Mengecek Penerimaan Klaim

Setelah dokumen dilengkapi dan hasil keputusan sudah disetujui, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu proses klaim yang membutuhkan waktu yaitu 8 hari kerja pada klaim kesehatan dan 11 hari kerja pada klaim meninggal.

Demikian artikel mengenai Cara Cek Saldo dan Mencairan Saldo AIA Financial. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles