30 C
Medan

Cara Cek Tiket Pesawat yang Sudah Dibeli

Penting bagi anda untuk memastikan tiket pesawat yang sudah di-booking sebelumnya atas beberapa pertimbangan seperti kesalahan input data dan keaslian dari tiket yang anda beli.

Kini konsumen dimudahkan dengan tersedianya layanan pembelian tiket secara online seperti pegi-pegi.com, traveloka dan masih banyak lagi maupun melalui Travel Agent  yang harganya tidak jauh berbeda jika anda membeli langsung dari pihak maskapai penerbangan.

Banyak keuntungan jika kita beli tiket secara online karena bisa diakses dimana saja, kapan saja bahkan bisa di-booking secara mendadak, misalnya anda sedang tour selama 4 hari dan tiket PP sudah di-booking sedangkan anda ingin extend untuk beberapa hari lagi maka anda bisa dengan mudah reschedule jika tiket yang anda booking sebelumnya belum di issued.

Banyaknya promo tiket dari berbagai market place online juga travel agent membuat para konsumen lebih tertarik membeli melalui aplikasi maupun jasa travel hanya saja mungkin anda tidak tahu risiko yang bisa terjadi seperti tiket yang dibeli ternyata palsu atau kesalahan input data. Untuk itu pastikan anda membeli tiket perjalanan melalui travel agent yang dapat dipertanggung jawabkan juga aplikasi pemesanan tiket terpercaya.

Sebetulnya meski anda langsung membeli tiket perjalanan melalui maskapai penerbangan secara langsung anda tetap dianjurkan untuk mengecek ulang tiket pesawat sebelum jadwal penerbangan untuk kembali memastikan apakah data sudah benar atau terdapat yang keliru, pasalnya jika terdapat kesalahan data pada tiket maka perjalanan anda bisa terkendala.

Di bawah ini kami uraikan cara cek tiket pesawat yang sudah dibeli/ di-booking sesuai dengan masing-masing maskapai penerbangan.

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia

Jika anda membeli tiket Garuda Indonesia melalui pihak ketiga maka anda sangat dianjurkan untuk mengecek ulang tiket yang anda beli.

  • Silahkan kunjungi situs resmi Garuda Indonesia. Terdapat 5 pilihan menu di sisi kiri laman web maka pilih layanan Perjalanan Saya
  • Pilih Manage My Booking
  • Masukan Kode PNR (kode booking) yang tertera pada tiket pesawat serta nama belakang anda pada kolom yang tersedia.
  • Baca syarat dan ketentuan layanan
  • Beri tanda ceklis pada kotak sebagai persetujuan atas syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Kemudian silahkan pilih kotak merah yang bertuliskan Check
  • Maka informasi mengenai data penumpang sesuai PNR yang anda masukan akan ditampilkan. Anda bisa mencetak informasi penumpang tersebut maupun mengirimnya melalui e-mail.

Selain melakukan pengecekan melalui situs resmi GA Indonesia, anda juga bisa langsung menghubungi call canter Garuda Indonesia di nomor 0804 1807 807 atau 021 2351 9999 untuk menanyakan tiket/ data penumpang sesuai kode PNR yang tertera pada tiket.

2. Lion AIR Group

Lion AIR Group
Lion AIR Group

Jika tiket pesawat anda Batik Air, Balindo Air, Wings Air, Lion Air, SL Air dan Thai Lion Air maka jenis maskapai penerbangannya termasuk ke Lion Air Group. Untuk cek tiket-tiket tersebut anda bisa melakukan cara di bawah ini:

  • Kunjungi situs resmi Lion Air Group
  • Anda akan diarahkan pada laman Rincian Pemesanan
  • Silahkan cek status tiket yang anda pesan dengan memasukan kode booking (PNR), Nama depan, Nama belakang, Nomor penerbangan (tertera di tiket) dan tanggal penerbangan anda
  • Klik lanjutkan, maka e-tiket anda akan terlihat. Silahkan cek data yang ada pada e-tiket apakah sudah sesuai dengan data diri anda. Jika terdapat kesalahan penginputan data segera hubungi pihak Lion air atau tempat dimana anda membeli tiket tersebut.

Selain cek ulang tiket Lion Air anda bisa mencetak kembali e-tiket atau mengirimnya ke e-mail anda sebagai dokumen. Dalam situs ini juga tersedia layanan cek ketersedian tiket untuk perjalanan tertentu.

Jika anda tidak bisa terhubung dengan internet maka silahkan menggunakan layanan call center Lion Air Group dengan cara:

  • Lakukan panggilan ke nomor 021 63798000
  • Anda akan terhubung dengan cutomer service yang siap memberikan informasi tiket perjalanan sesuai kode PNR yang anda miliki.

3. Air Asia

Air Asia
Air Asia

Mungkin anda salah satu orang yang mencari biaya perjalanan menggunakan pesawat dengan harga murah maka Air Asia bisa menjadi salah satu pilihannya. Adapun cara cek tiket Air Asia adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi situs resmi Air Asia
  • Terdapat beberapa pilihan menu, silahkan pilih Check In kemudian pilih Cetak Ulang Boarding Pass
  • Isi form kota keberangkatan sesuai tujuan yang tertera pada tiket yang sudah di-booking
  • Masukan kode PNR dan isikan nama keluarga/marga
  • Klik BUKA
  • Data penumpang dari kode PNR yang anda masukan akan ditampilkan pada laman tersebut. Jika sudah di cek anda bisa sekaligus print maupun mengirimkan e-tiket ke email

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk cek tiket Air Asia selain mengunjungi website-nya anda juga bisa menghubungi call center dengan menelepon ke nomor 2927 0999/ 08041333 333

Adapun cara cek tiket dari maskapai penerbangan lain caranya tidak jauh berbeda, anda hanya tinggal mengunjungi situs resmi dari maskapai penerbangan yang anda gunakan atau menggunakan layanan call center. Di bawah ini beberapa situs dan nomor call center dari maskapai penerbangan yang umum digunakan.

No. Nama Maskapai Penerbangan Situs Resmi Nomor Call Center
1 Citilink https://book.citilink.co.id/ 0814 1080 808
2 Sriwijaya Air https://www.sriwijayaair.co.id/new/ 0804 1777 777/
021-29279777
3 NAM Air https://www.flynamair.com/ 021 292 79 777/
0804 1 777 777

Itulah cara cek tiket pesawat sesuai maskapai penerbangan, mulai sekarang biasakan cek tiket perjalananmu sebelum jadwal keberangkatan. Satu lagi! Jangan sampai lupa kode PNR yang tertera pada tiket perjalanan anda karena hanya dengan kode PNR anda bisa melakukan pengecekan di atas.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles