30 C
Medan

Cara Cek Saldo BRI Melalui ATM, Aplikasi, SMS dan Internet Banking

Memiliki kartu debit/ATM yang bisa langsung digesek untuk berbagai kemudahan transaksi memang menjadi idaman. Dewasa kini orang terbiasa dengan hal-hal yang instan, kemajuan teknologi diberbagai bidang semakin memudahkan pekerjaan manusia salah satunya metode pembayaran gaji karyawan yang langsung masuk ke saldo rekening tabungan tanpa langsung memberikan uang cash, untuk itu di zaman yang serba modern ini rasanya kita perlu memiliki kartu ATM.

Kartu debit atau lebih dikenal dengan kartu ATM merupakan kartu yang diterbitkan oleh pihak Bank tertentu, di dalamnya terdapat saldo uang berupa tabungan yang disetor ke pihak Bank. Sebagai nasabah atau pengguna kartu ATM akan dikenakan biaya admin setiap akhir periode pada akhir bulan juga bunga beberapa persen dari akumulasi saldo tabungan dalam kartu ATM.

Dengan adanya pengurangan biaya admin dan penambahan Bunga dari pihak bank yang akan masuk ke saldo ATM maka sebagai nasabah setidaknya kita harus mengecek saldo ATM setiap bulan agar bisa melihat mutasi atau transaksi yang kita lakukan dalam 1 bulan tersebut. dan pada bahasan kali ini kami akan berikan ulasan mengenai beberapa cara cek saldo ATM BRI.

1. Cara Cek Saldo BRI Melalui Aplikasi

Cara Cek Saldo BRI Melalui Aplikasi
Cara Cek Saldo BRI Melalui Aplikasi

Untuk kemudahan nasabah Bank BRI secara resmi telah mengeluarkan aplikasi BRI mobile yang bisa di akses dimana saja dan kapan saja tanpa harus terpaku pada jam kerja namun harus terhubung dengan jaringan internet. Adapun cara menjalankan aplikasi  BRI Mobile adalah:

  • Unduh aplikasi BRI Mobile melalui play store
  • Instal aplikasi BRI Mobile pada smartphone yang anda gunakan
  • Jika aplikasi BRI Mobile sudah terinstal maka anda sudah bisa login dengan memasukan user ID dan kata sandi yang sudah anda daftarkan sebelumnya pada saat pembukaan tabungan nasabah Bank BRI.
  • Untuk bisa melihat saldo BRI, anda hanya perlu klik pada nama dan nomor rekening yang tertera pada halaman pertama aplikasi maka informasi sisa saldo yang anda miliki akan terlihat.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Biasanya saat pertama kali melakukan pendaftaran sebagai nasabah Bank BRI maka customer service akan menawari anda menggunakan Aplikasi BRI Mobile.

2. Cara Cek Saldo BRI Melalui Mesin ATM

Cara Cek Saldo BRI Melalui Mesin ATM
Cara Cek Saldo BRI Melalui Mesin ATM

Untuk bisa cek saldo ATM BRI melalui mesin ATM tidak harus terhubung dengan jaringan internet tapi anda harus pergi ke Automated Teller Machine (Mesin ATM) yang terdapat di Bank BRI terdekat maupun toko-toko yang sudah tersedia Mesin ATM seperti Indomart atau Alfamart dll.

Untuk cek saldo ATM BRI melalui Mesin ATM BRI tidak ada biaya admin yang harus dikeluarkan, berbeda jika anda mengecek/mengambil saldo Bank BRI melalui Mesin Bank lain/maupun Bank bersama maka akan dikenakan biaya persekali transaksi sekitar Rp. 6.500,-

Cara cek saldo ATM BRI melalui mesin ATM sangat gampang yakni:

  • Kunjungi ATM BRI maupun ATM bersama
  • Masuk kartu ATM BRI yang anda miliki
  • Masukan kata sandi kartu ATM anda
  • Setelah kata sandi valid akan muncul berbagai pilihan menu, lalu pilih informasi rekening
  • Jika anda ingin cek saldo rekening tabungan maka pilih rekening tabungan
  • Maka sisa saldo yang anda miliki di kartu ATM BRI akan muncul.

3. Cara Cek Saldo BRI Melalui SMS Banking

Cara Cek Saldo BRI Melalui SMS Banking
Cara Cek Saldo BRI Melalui SMS Banking

Sama halnya dengan menggunakan aplikasi BRI Mobile sebelum bisa mengecek saldo ATM BRI melalui layanan SMS Banking nomor handphone anda harus sudah terdaftar terlebih dahulu. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Lakukan pendaftaran nomor handphone ke Bank BRI untuk bisa mengakses SMS Banking Bank BRI
  • Jika nomor sudah terdaftar maka anda bisa mengecek saldo ATM BRI dengan cara ketik pesan dengan format

Saldo<spasi>PIN ATM kemudian kirim SMS tersebut 3300

Informasi mengenai sisa saldo ATM BRI yang anda miliki akan dikirim melalui SMS dari operator Bank BRI. Layanan SMS Banking Bank BRI dikenakan biaya untuk setiap kali mengirim pesan.

4. Cara Cek Saldo BRI Melalui Internet Banking

Cara Cek Saldo BRI Melalui SMS Internet Banking
Cara Cek Saldo BRI Melalui SMS Internet Banking

Sebelum bisa menggunakan layanan internet Banking BRI anda juga harus mendaftarkan akun anda di KCB Bank BRI terdekat. Proses pendaftaran ini hanya dilakukan sekali selama anda menjadi nasabah Bank BRI namun bisa menggunakan layanan internet Banking BRI kapanpun anda mau, caranya sebagai berikut:

  • Buka situs resmi Bank BRI dengan klik link https://ib.bri.co.idib-bri/
  • Masukan user ID dan password yang sudah anda daftarkan sebelumnya di kantor cabang Bank BRI
  • Masukan captcha sebagai kode pengaman kemudian login
  • Terdapat beberapa menu yang tersedia pada laman internet banking BRI tersebut, pilih layanan cek saldo
  • Informasi saldo ATM BRI anda akan ditampilkan.

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan untuk cek saldo ATM BRI. Anda bisa memilih salah satu cara di atas yang paling mungkin dilakukan. Sebagai informasi tambahan jika anda menggunakan mesin ATM lain untuk keperluan transaksi menggunakan kartu ATM BRI maka kode Bank yang harus anda masukan adalah 002.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles