25 C
Medan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2021

BPJS Ketenagakerjaan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang diperuntukan untuk karyawan yang bekerja pada suatu badan usaha maupun kelompok usaha mandiri tertentu. Adapun iuran yang dikeluarkan untuk BPJS setiap bulannya dibayar oleh perusahaan tempat dimana seorang karyawan bekerja dan sebagian lagi dibayar oleh individu masing-masing dengan sistem otomatis potong gaji setiap bulannya.

BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan yang wajib anda miliki jika bekerja pada perusahaan sebagai investasi atau tabungan ketika anda sudah tidak bekerja pada perusahaan tertentu.

Sebagaimana disebutkan di atas iuran BPJS dibayar setiap bulan oleh perusahaan dan juga dari potongan gaji karyawan maka setiap bulannya saldo BPJS anda pun pasti bertambah. Sebagai pengguna BPJS Ketenagakerjaan sangat wajar untuk memantau laju penambahan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang anda miliki, adapun cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan lokasi anda maupun sesuai domisili.

Bawalah kartu BPJS Ketenagakerjaan milik anda beserta dokumen pendukung lainnya seperti KTP lalu tunjukan pada customer service yang melayani anda. Customer service akan memberikan informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan yang anda miliki termasuk rincian saldo yang akan diprint out dan bisa anda bawa pulang.

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Cara ini jauh lebih simple dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengantri di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Hanya dengan mengunjungi website BPJS anda bisa mengecek saldo dari BPJS Ketenagakerjaan anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Daftarkan akun anda untuk bisa mengakses semua layanan pada website BPJS Ketenagakerjaan tersebut pada link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Pilih menu Daftar Pengguna.
  • Isilah semua form yang terdapat pada halaman tersebut untuk proses pendaftaran.
  • Pilih menu kirim untuk mulai pendaftaran.
  • Tunggulan beberapa saat hingga anda mendapatkan e-mail masuk yang berisi kode aktivasi dari BPJS Ketenagakerjaan.
  • Masukan kode aktivasi yang anda terima melalui e-mail pada laman verifikasi akun lalu klik Verifikasi.
  • Anda akan diarahkan pada halaman yang berisi format data diri, isilah semua form tersebut sesuai dengan identitas anda lalu klik kirim.
  • Anda akan kembali menerika kode aktivasi melalui e-mail, kemudian ikutilah instruksi yang terdapat pada email masuk tersebut dengan benar.
  • Jika sudah selesai kembalilah pada halaman utama website BPJS Kenagakerjaan dan anda sudah bisa login dengan memasukan alamat e-mail dan password yang anda daftarkan diawal.
  • Dalam website BPJS Ketenagakerjaan ada banyak menu layanan dengan fungsinya masing-masing, untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan silahkan pilih menu Lihat Saldo JHT maka rincian saldo secara detail akan muncul pada layar PC anda.

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi PBJSTKU

Anda bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda dimanapun kapanpun hanya melalui smartphone dengan menggunakan Aplikasi yang diluncurkan oleh BPJS Ketenagakerjaan yaitu BPJSTKU, caranya adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi BPJSTKU melalui playstore pada smartphone anda kemudian instal hingga selesai.
  • Buka aplikasi BPJSTKU dan lakukan pendaftaran dengan mengisi semua form yang berada pada halaman pertama aplikasi BPJSTKU ketika pertama kali dibuka.
  • Login dengan memasukan e-mail dan Password yang sudah anda daftarkan sebelumnya.
  • Pada halaman home aplikasi BPJSTKU terdapat beberapa menu, untuk informasi mengenai jumlah saldo dalam kartu BPJS Ketenagakerjaan anda bisa pilih menu Lihat Saldo maka rincian detail dari saldo anda akan ditampilkan.

Sebagai catatan jika anda menggunakan aplikasi BPJSTKU pada smartphone pastikan anda memiliki data internet untuk bisa mengakses aplikasi tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, anda bisa memilih salah satu cara di atas yang dianggap paling memungkinkan untuk anda lakukan.

Ketiga cara tersebut di atas tidak hanya berfungsi untuk cek saldo saja namun anda bisa melihat berbagai macam informasi dan layanan mengenai BPJS Ketenagakerjaan yang anda gunakan salah satunya mengetahui nominal yang dibayarkan perusahaan diakumulasi dengan potongan gaji yang disetorkan setiap bulannya ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles