Cara Cek Plagiat Konten Tulisan Secara Gratis

Subtitle goes here

By:

Februari 11, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Cara Cek Plagiat Tulisan
Loading...

Menulis di website maupun media online lainnya memang rentan dengan plagiarisme atau yang lebih dikenal dengan plagiat yakni penjiplakan suatu karangan dari satu pihak oleh pihak lain yang tidak memiliki sebuah apresiasi terhadap si pengarang, ia menjiplak tulisan tanpa mencantumkan nama penulis asli seolah-olah hasil karyanya sendiri.

Dalam dunia kepenulisan banyak sekali terjadi plagiarisme. Bahkan bisa jadi tulisan yang di post ulang oleh si plagiat tanpa mencantumkan nama penulis asli lebih memiliki traffic pembaca yang tinggi. Tanpa sadar hal ini membuat cacat dunia kepenulisan, akibatnya banyak penulis sumber yang kemudian enggan mengarang sebuah tulisan yang kemudian di share ke media online.

Perlu anda ketahui plagiat dan rewrite sangat jauh berbeda. Jika plagiat benar-benar menjiplak layaknya copypaste beda halnya dengan rewrite yang merupakan suatu karangan dengan mengambil referensi untuk mengangkat topic tulisan yang sama dengan gaya bahasa dan pemaparan sendiri dan tentu saja dalam rewrite tulisan seperti artikel maupun yang lainnya seorang penulis harus membaca lebih dari 1 sumber minimal 3 sumber untuk dijadikan bahan referensi.

Loading...

Plagiarisme/plagiat memang sulit di hindari di zaman yang serba canggih ini bagaimana tidak bagi seorang plagiat hal ini sangat mudah untuk di lakukan hanya tinggal copypaste lantas mengaku bahwa ialah pengarang/penulis asli atas karya yang di posting/ di share tersebut. Namun jika plagiat bisa dengan  mudah dilakukan sebetulnya ada cara mudah pula untuk cek suatu tulisan plagiat atau tidak.

Kemajuan teknologi yang semakin canggih tidak jarang disalah gunakan seperti plagiat, kemajuan teknologi pula lah yang bisa mengatasi hal tersebut selain atas kesadaran dari diri sendiri. Ada cara mudah untuk mengetahui tulisan plagiat atau bukan yakni dengan menggunakan aplikasi online khusus untuk mengecek sebuah tulisan. Di bawah ini beberapa cara cek tulisan plagiat atau bukan melalui media online.

1. Cek Tulisan Plagiat Melalui Unicheck

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Unicheck

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Unicheck

Unicheck merupakan sebuah situs yang bisa mengecek tulisan plagiat atau bukan, untuk bisa mengakses fitur di situs Unicheck anda hanya perlu membuka link https://unicheck.com kemudian lakukan pendaftaran untuk selanjutnya login, akan terdapat kotak untuk meletakkan tulisan yang ingin anda cek kemudian bisa lakukan pengecekan.

Hasil dari pindaian tulisan (plagiat/bukan) akan muncul tanpa harus menunggu lama dan yang lebih istimewa dari situs Unicheck ini ialah ia mampu memindai kurang lebih 16 miliar halaman dokumen di google.

Sebagai percobaan menggunakan situs ini anda bisa mencoba cek tulisan dengan maksimal 275 kata dan selanjutnya jika ingin menggunakan situs Unicheck anda harus membayar agar bisa menikmati fasilitas unicheck ini sepuasnya kapanpun dan tanpa batas maksimal kata yang ingin anda cek.

2. Cek Tulisan Plagiat Melalui Dupli Checker

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Dupli Checker

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Dupli Checker

Siapa juga yang tidak suka fasilitas gratis. Ya, Dulip Checker merupakan situs yang menyediakan fasilitas untuk mengecek sebuah tulisan atau konten apa terdeteksi plagiarisme atau tidak. Untuk menggunakan situs Dupli Checker anda bisa kunjungi link https://duplichecker.com

Dalam menggunakan fasilitas Dupli Checker anda hanya perlu menaruh tulisan pada kotak yang tersedia pada laman web Dupli Checker atau mengupload file dari dokumen di perangkat komputer maupun menggunakan alamat web kemudian pilih cek plagiarism, tunggu hingga pemindaian tulisan selesai maka akan muncul hasil dari pengecekan apakah terdeteksi plagiat atau tidak.

Selain untuk mengecek plagiat Dupli Checker juga menyediakan fasilitas untuk cek Grammar. Anda bisa menikmati fasilitas Dupli Checker ini tanpa mengeluarkan biaya.

3. Cek Tulisan Plagiat Melalui Dustball

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Dustball

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Dustball

Untuk bisa berlangganan menggunakan fasilitas di situs Dustball anda diharuskan login terlebih dulu tapi anda tetap bisa menggunakan fasilitas situs ini tanpa harus mendaftar dan login dengan buka link https://dustball.com/cs/plagiarism.checker/

Caranya terbilang mudah, ketika anda masuk pada link di atas secara otomatis akan muncul kotak untuk meletakan tulisan anda dengan cara mem-paste (copy tulisan yang ingin di cek kemudian paste di kotak yang tersedia) atau bisa juga mengupload file ms. Words, jika tulisan sudah di upload selanjutnya tinggal klik tulisan check the paper.

Jika tulisan yang di cek tidak terdapat plagiarism  maka akan muncul keterangan OK, hanya saja jika melebihi batas maksimum kata yang di cek Dutsball akan meminta anda login dan dikenakan biaya perawatan untuk bisa terus mengakses fitur ini.

4. Cek Tulisan Plagiat Melalui Plag Scan

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Plagscan

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Plagscan

Untuk bisa menggunakan layanan Plag Scan anda di haruskan mendaftar terlebih dahulu, setelah itu anda bisa menikmati fasilitas gratis cek tulisan plagiat dari Plag Scan selama beberapa hari. Untuk terus menggunakan Plag Scan melebihi batas maksimal pemakaian gratis maka anda akan dikenakan biaya.

Ketika melakukan pendaftaran di situs Plag Scan terdapat beberapa pilihan kategori di antaranya; Single user, Sekolah, Pendidikan tinggi dan Bisnis. Untuk menggunakan Plag Scan silahkan kunjungi alamat https://plagscan.com/en/

5. Cek Tulisan Plagiat Melalui Plagiarism Checker

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Plagiarism Checker

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Plagiarism Checker

Anda bisa menggunakan layanan cek tulisan plagiat melalui situs Plagiarism Check dengan membuka link https://plagiarismchecker.com cara penggunaannya pun sangat mudah pada halaman pertama situs tersedia kotak untuk menaruh tulisan yang akan anda cek kemudian pilih search  untuk mulai melakukan pengecekan tulisan.

Website Plagiarism checker akan mengarahkan anda pada hasil pencarian google, jika tidak ditemukan plagiat dalam tulisan yang anda cek maka akan terdapat keterangan Tidak Ditemukan.

Selain dengan cara mengcopypaste tulisan pada kotak yang tersedia anda juga bisa mengecek tulisan plagiat atau tidak dengan menggunakan alamat URL

6. Cek Tulisan Plagiat Melalui Viper Anti – Plagiarism Scanner

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Viper Plagiarism Scanner

Cara Cek Plagiat Tulisan dengan Viper Plagiarism Scanner

Untuk bisa menggunakan aplikasi Viper Anti – Plagiarism scanner anda harus mendownloadnya terlebih dahulu dan mengisntal pada perangkat komputer maupun laptop yang anda gunakan.

Terdapat banyak fitur-fitur menarik dalam aplikasi ini dan keutamaan cek tulisan plagiat melalui Viper Anti – Plagiarism Scanner adalah tulisan yang dicek berdasarkan lebih dari 10 juta sumber hal inilah yang menjadikan Viper Anti – Plagiarism Scanner menjadi salah satu aplikasi cek tulisan plagiat terbaik.

Selain cek plagiat ada banyak layanan lainnya yang bisa anda nikmati dengan membayar sejumlah uang, hal ini setara dengan fasilitas yang ditawarkan oleh Viper Anti – Plagiarims Scanner.

Masih terdapat beberapa situs website yang menyediakan fasilitas cek tulisan plagiat atau bukan diantaranya adalah:

  • Write Check
  • Small Tools
  • Plag Tracker
  • Copy Scape

Itulah beberapa situs dan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk cek tulisan plagiat. Adapun cara penggunaan situs-situs di atas secara umum sama saja, anda hanya perlu menaruh tulisan dengan cara copypaste atau upload dokumen maupun dengan memasukan alamat URL.

Silahkan pilih salah satu cara di atas untuk mengecek tulisan anda sesuai dengan kebutuhan.

0 Comment

Leave a Comment