Cara Cek No IMEI Handphone dengan Mudah

Subtitle goes here

By:

Mei 04, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Cara Cek No IMEI Handphone
Loading...

Semenjak beredarnya informasi mengenai pemblokiran HP illegal atau HP yang dibeli melalui pasar gelap. Dimana HP tersebut tidak memiliki nomor IMEI resmi yang terdaftar di  Kementerian Perindustrian Indonesia pengguna telepon genggam mulai penasaran mengulik apa itu IMEI, fungsi IMEI dan apakah HP digunakan memiliki nomor IMEI serta bagaimana cara mengecek IMEI.

Sebelum anda mengecek apakah HP yang anda gunakan memiliki nomor IMEI anda harus tahu dulu apa itu IMEI dan apa fungsi atau pengaruhnya terhadap anda sebagai pengguna. Untuk itu di bawah ini kami paparkan pengertian IMEI dan fungsi dari IMEI itu sendiri.

IMEI merupakan singkatan dari International mobile equipment identity adalah nomor khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (Global system for mobile communication) untuk setiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP. Nomor IMEI adalah nomor unik yang tidak akan sama antara satu HP dengan yang lainnya.

Loading...

Karena IMEI di setting untuk setiap slot kartu GSM maka untuk setiap HP yang memiliki lebih dari satu slot kartu nomor IMEI yang terdapat dalam ponsel tersebut pun lebih dari satu sesuai dengan jumlah slot kartu yang terdapat dalam segenggam ponsel tersebut.

Nomor IMEI juga sebagai tanda apakah telepn genggam yang anda gunakan memiliki izin edar yang sah atau tidak dari Kementerian Perindustrian Indonesia. Pasalnya ada kabar buruk bagi anda yang terbiasa atau pernah membeli HP melalui pasar gelap sebagaimana disebutkan di atas yakni pemblokiran.

Pemblokiran yang rumornya akan dilakukan oleh Kementerian Perindustrian ini berupa pemutusan jaringan yang dilakukan oleh pihak provider dari kartu GSM yang digunakan pada HP sehingga HP yang tidak memiliki IMEI resmi tidak akan bisa terhubung dengan jaringan internet maupun komunikasi lainnya. Hal tersebut juga berlaku meski anda mengganti kartu pada ponsel anda.

Mengapa sampai ada rumor pemblokiran, memangnya sepenting apa IMEI pada sebuah ponsel. Di bawah ini beberapa fungsi dari nomor IMEI baik bagi sisi pengguna maupun pihak lain yang terkait.

1. Melacak HP yang Hilang

Untuk Melacak HP yang Hilang

Melacak HP yang Hilang

Ini benar-benar penting untuk anda ketahui karena ternyata melalui nomor IMEI anda bisa melacak HP yang hilang. Yang perlu anda lakukan adalah menghubungi pihak provider dari kartu yang anda gunakan pada HP yang hilang terebut lalu meminta pihak provider kartu untuk segera melakukan pemblokiran atas HP yang hilang melalui nomor IMEI.

2. Mengecek Garansi

Untuk Mengecek Garansi

Mengecek Garansi

Ternyata masa berlaku garansi tidak hanya bisa anda ketahui lewat kartu garansi yang didapatkan ketika membeli HP baru. Ada hal lain yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah HP yang anda beli masih memiliki masa garansi atau tidak melalui nomor IMEI.

Hal ini sangat menguntungkan bagi anda yang membeli HP second tanpa kartu garansi, anda hanya tinggal mengeceknya melalui nomor IMEI.

3. Mengecek Identitas HP

Mengecek Identitas HP

Mengecek Identitas HP

Meski type atau informasi detail mengenai segenggam HP umumnya sudah terdapat dalam kotak kemasaan saat pertama kali anda membeli HP, namun bagaimana jadinya jika lagi-lagi anda membeli HP second yang tidak disertai informasi detail mengenai HP yang anda beli.

Jangan khawatir! Nomor IMEI juga berfungsi untuk mengecek informasi detail tentang HP yang anda gunakan dengan cara mengakses situs IMEI info di link https://www.imei.info

4. Meningkat Perekonomian Indonesia

Meningkat Perekonomian Indonesia

Meningkat Perekonomian Indonesia

Warga negara yang baik mana nih suaranya … ternyata nomor IMEI berpengaruh pada import produk HP luar negeri ke Indonesia dan meningkatkan produk HP dalam negeri. Karena untuk mendaftarkan nomor IMEI ke Kementerian Perindustrian Indonesia tentu saja harus melewati regulasi yang dibuat oleh pemerintah Indonesia.

Di atas sudah dijelaskan apa itu IMEI serta fungsinya bagi anda selaku pengguna maupun bagi Indonesia negeri kita tercinta. Di bawah ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek IMEI pada HP anda.

1. Cek Nomor IMEI Via Kode Dial

  • Tekan *#06# kemudian pilih call/yes/ok pada HP anda
  • Nomor IMEI akan muncul pada layar HP anda

2. Cek Nomor IMEI Via Pengaturan HP

  • Buka menu Setting atau Pengaturan yang terdapat dalam HP anda
  • Pilih menu About Phone atau Tentang perangkat
  • Pilih menu Status, di dalam menu status terdapat berbagai macam informasi yang bisa anda ketahui. Pilih informasi IMEI
  • Nomor IMEI pada HP akan ditampilkan, jika terdapat dua slot kartu dalam HP anda maka ada 2 nomor IMEI yang muncul.

3. Cek Nomor IMEI via Baterai atau perangkat HP

Cara yang paling umum digunakan saat pertama kali membeli HP dan ingin mengecek nomor IMEI adalah melihat pada baterai yang terdapat dalam HP yang anda beli.

Segera cek nomor IMEI pada smartphone anda untuk memastikan apakah HP yang anda gunakan memiliki nomor IMEI atau tidak dengan salah satu cara di atas.

0 Comment

Leave a Comment