Cara Cek NISN Melalui Website dan Aplikasi

Subtitle goes here

By:

Mei 02, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Cara Cek NISN
Loading...

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan nomor induk siswa yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia yang tidak bisa berubah dan bersifat permanen dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) manfaat dari NISN adalah untuk mengidentifikasi seluruh siswa SD, SMP maupun SMA/SMK yang terdaftar di kementerian pusat.

Bahkan kini NISN juga dibutuhkan untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dapat disimpulkan bahwa NISN memiliki peran penting dalam dunia pendidikan yang ingin anda tempuh.

NISN diberikan oleh lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) tempat dimana anda bersekolah, umumnya nomor NISN akan selalu dipakai ketika ujian kenaikan kelas dan ujian kelulusan sekolah serta salah satu syarat untuk melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya.

Loading...

Pada masa dimana NISN baru diberlakukan ada masanya seorang siswa atau siswi lupa nomor NISN yang dia miliki ketika ia sudah melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi sedangkan tempat dulu ia bersekolah SD cukup jauh dari tempat tinggalnya namun tidak ada cara lain selain mengunjungi sekolah SD tersebut untuk menanyakan nomor NISN yang ia miliki pada staf TU sekolah SD tersebut. Staf TU pun tidak bisa langsung memberikan NISN yang diminta melainkan harus mengecek daftar NISN seluruh siswa secara manual. Hal ini cukup memakan waktu yang lama.

Tapi tenang saja di zaman dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih kini apabila lupa nomor NISN dan dibutuhkan secara mendesak tidak lagi perlu mendatangi tempat dimana anda bersekolah SD maupun sekolah sebelumnya yang mengeluarkan NISN anda pertama kali karena ada cara yang lebih simple dan mudah untuk dilakukan seperti di bawah ini.

1. Cek NISN Melalui Website KEMDIKBUD

Cek NISN Melalui Website KEMDIKBUD

Cek NISN Melalui Website KEMDIKBUD

  • Buka link https://nisn.data.kemdikbud.go.id
  • Pada halaman website tersebut terdapat beberapa menu, pilihlah menu Data Siswa
  • Pada menu pencarian pilih pencarian NISN berdasarkan Nama
  • Anda akan diarahkan pada form-form yang harus di isi sesuai data siswa mulai dari nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu dari siswa
  • NISN dari data siswa yang dimasukan akan muncul di halaman yang sama pada layar PC anda.

Jika anda melakukan pencarian berdasarkan nomor NISN maka informasi yang muncul adalah sebaliknya yaitu data siswa dari NISN yang dimasukan.

2. Cara Cek NISN Melalui Aplikasi

Cara Cek NISN Melalui Aplikasi

Cara Cek NISN Melalui Aplikasi

  • Instal aplikasi Data NISN pada smartphone anda dengan mendownlod terlebih dahulu di playstore
  • Jika sudah berhasil di instal kemudian login
  • Pilihlah menu Cari NISN
  • Anda akan diarahkan untuk mengisi form yang terdiri dari nama, nama ibu kandung, tempat lahir dan tanggal lahir. Isi berdasarkan data yang valid sesuai dengan data yang anda berikan ke sekolah saat pendaftaran dulu
  • Kemudian klik Cari
  • Jika data yang dimasukan sudah benar maka NISN akan tampil dilayar smartphone anda.

Apabila dalam menggunakan kedua cara di atas ternyata pencarian NISN tidak ditemukan atau data yang keluar tidak sesuai dengan data pribadi anda maka jangan buru-buru risau lakukan cara di bawah ini untuk memperbaiki biodata anda.

  • Kunjungi situs resmi NISN
  • Download formulir A3 yang merupakan formulir untuk perbaikan biodata siswa
  • Cetak formulir A3 tersebut dan isilah data dengan benar serta pastikan tidak ada kesalahan tulis
  • Kunjungi sekolah tempat dimana NISN anda diterbitkan, apabila NISN anda keluar ketika SD maka Sekolah SD tempat dimana anda bersekolah dulu yang harus anda kunjungi
  • Serahkah formulir A3 tersebut pada operator atau Staf TU
  • Selanjutnya pihak sekolah yang akan mengurus pebaikan data tersebut
  • Jika sudah mendapat konfirmasi bahwa data anda sudah diperbaiki, ceklah kembali NISN menggunakan aplikasi maupun mengunjungi website, apakah biodata anda sudah benar atau masih sama seperti sebelumnya.

Itulah dua cara yang bisa anda lakukan untuk cek NISN secara online. Sekarang anda sudah tahu bahwa NISN adalah nomor penting yang harus selalu anda ingat dari mulai SD sampai pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri, maka untuk mengantisipasi jika dikemudian hari anda lupa maka tuliskan nomor NISN pada buku atau block note  dan jangan sampai hilang.

0 Comment

Leave a Comment