27 C
Medan

Cara Cek Kesehatan Hardisk Terbaru 2021

Harddisk merupakan tempat penyimpanan data pada komputer atau laptop yang bersifat permanen, artinya data-data dalam harddisk tidak akan hilang meski komputer atau laptop mengalami kerusakan seperti mati. Data pada memory hardisk akan tetap aman dan bisa di buka kembali, oleh karena itu harddisk memliki peranan penting dalam perangkat komputer maupun laptop.

Ketika  membeli komputer maupun laptop sebetulnya sudah terdapat hardisk bawaan dalam perangkat tersebut namun anda bisa mengganti / membeli harddisk baru jika harddisk yang anda gunakan full memory maupun terjadi kerusakan.

Untuk mengantisipasi kerusakan pada harddisk baiknya anda mengecek kesehatan harddisk yang terpasang pada komputer atau laptop secara berkala dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Cek Hardisk Melalui Properties

Cara cek kesehatan Harddisk ini merupakan cara yang paling simple untuk dilakukan karena properties merupakan tool bawaan windows yang bisa anda operasikan untuk mengecek masalah yang terdapat pada harddisk.

Properties akan menampilkan informasi mengenai masalah yang terdapat pada perangkat harddisk serta cara untuk memperbaikinya jika masih bisa diperbaiki, juga akan menampilkan informasi jika masalah pada hardisk lebih besar yang tidak bisa diperbaiki oleh pengguna. Adapun cara menggunakan properties adalah sebagai berikut:

  • Klik start pada perangkat komputer / laptop.
  • Pilih menu Windows System kemudian klik This PC.
  • Klik kanan pada Devices and Drives yang ingin anda periksa kemudian pilih properties, perhatian contoh gambar di bawah ini.
  • Klik hardware untuk memeriksa apakah harddisk yang terdapat pada komputer atau laptop anda dalam keadaan baik atau tidak, jika harddisk baik-baik saja maka akan muncul tulisan pada Device Status: This Device is working properly.
  • Jika anda ingin mengecek error atau tidaknya hardisk yang anda gunakan bisa lanjut dengan memilih menu Tools pada properties, terdapat perintah error checking kemudian klik check untuk mulai melakukan scanning pada perangkat device yang anda gunakan seperti gambar di bawah ini.

2. Cek Hardisk Melalui Command Prompt

Selain cara di atas anda juga bisa menggunakan command prompt yang sudah bisa langsung di gunakan pada perangkat komputer / laptop, caranya sebagai berikut:

  • Klik windows+R pada keyboard secara bersamaan.
  • Akan muncul kolom perintah kemudian ketik cmd pada kolom open tersebut lalu enter.
  • Setelah muncul layar command prompt yang berwarna hitam ketik wmci kemudian enter.
  • Setelah itu ketik tulisan Diskdrive get status tepat di depan perintah wmic (wmic : root\cli>
  • Akan muncul status dari harddisk anda, jika hardisk yang terpasang pada perangkat komputer maupun laptop ternyata baik-baik saja maka akan ada tulisan OK seperti gambar di bawah ini.
  • Namun apabila tulisan OK tidak muncul (Pred Fail) maka bisa jadi ada masalah pada hardisk yang anda gunakan.

3. Cek Hardisk Melalui Tool Produsen Hardisk

Cara ini mengharuskan anda mengakses situs website dan mengunduh software, namun sebelum mulai melakukan pengecekan anda mesti tahu terlebih dulu produsen dari hardisk yang anda gunakan. Berikut langkah cek hardisk melalui software yang anda unduh tersebut.

  • Masuk ke Device Manager.
  • Pilih Disk Drive kemudian klik tanda panah pada tulisan Disk Drive tersebut, akan muncul model hardisk yang anda gunakan. Ingat kode tersebut atau anda juga bisa menulis/mengcapture (tidak bisa di copy paste).
  • Masuk ke halaman bwoser baik google crome maupun mozila dan tulisan kode yang yang terdapat pada Disk Drive tadi pada kolom pencarian.
  • Akan muncul produsen yang memproduksi hardisk yang digunakan setelah itu kunjungi website dari produsen hardisk tersebut.
  • Setelah situs dari produsen tertentu bisa anda akses carilah menu Utilitas Hardisk.
  • Download Tool yang tersedia pada laman produsen harddisk yang anda gunakan kemudian instal pada komputer/ laptop yang anda gunakan.
  • Setelah diinstal anda bisa langsung membuka aplikasi/software/tool tersebut dan menjalankannya untuk mengecek kesehatan hardisk yang anda gunakan.

4. Cek Hardisk Melalui Software Pihak Ketiga

Sama halnya dengan cara nomor 3 jika anda menggunakan cara ini mengharuskan anda terhubung ke browser dan mendownload software untuk mengecek kesehatan hardisk yang digunakan.

Ada banyak software dengan fungsi untuk mengecek kesehatan hardisk, dalam menggunakan software tersebutnya bisa dikatakan tidak jauh beda anda hanya perlu mengunduh software tertentu kemudian menginstalnya pada komputer/laptop yang anda gunakan setelah itu software bisa langsung dibuka dan dijalankan.

Adapun beberapa software yang bisa berfungsi untuk cek kesehatan hardisk adalah:

  • Crystaldiskinfo dengan membuka link https://crystalmark.info/en/software/crytaldiskinfo
  • Macrorit Disk Scanner dengan membuka link https://macrorit.com/disk-surface-test/disk-surface-test.html
  • AbelsSoft dengan membuka link https://www.abelssoft.de/en/windows/system-utilities/checkdrive

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kesehatan hardisk. Anda bisa menggunakan salah satu yang dianggap paling gampang serta memberikan informasi secara detail dan akurat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles