25 C
Medan

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi di BAN-PT

Sebelum memutuskan masuk kampus atau universitas pastikan universitas/perguruan tinggi yang anda pilih telah mengantongi izin beroperasi dari DIKTI pasalnya beberapa waktu lalu banyak diberitakan ada beberapa kampus yang tidak terdaftar di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) bahkan kasarnya disebut sebagai kampus abal-abal.

Akreditasi atau pengakuan suatu kampus / universitas di mata pemerintah tentu saja sangat penting dan akan berdampak pada masa depan kampus  itu sendiri terutama akan berdampak pada peserta didik / mahasiswa dari kampus/universitas yang bersangkutan.

Agar lebih jelas berikut ini beberapa manfaat dari akreditasi kampus yang wajib anda ketahui sebagai calon mahasiswa maupun sebagai mahasiswa.

  • Sebagai acuan bagi suatu kampus / universitas untuk terus melakukan pembenahan baik dari segi sarana dan prasarana maupun Tenaga Pendidik yang ada pada kampus tersebut dengan standar nasional.
  • Sebagai bahan pertimbangan dalam menerima berbagai bantuan dari pemerintah baik hal yang bersangkutan dengan pembangun maupun program-program bagi mahasiswanya.
  • Sebagai jaminan bahwa kampus atau universitas tersebut telah memiliki standar yang ditetapkan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).
  • Dikemudian hari berguna sebagai bahan pertimbangan diterima atau tidaknya alumni mahasiswa dari kampus / universitas tertentu pada suatu bidang pekerjaan.

Setelah anda mengetahui manfaat dan betapa pentingnya akreditasi dimiliki oleh kampus / universitas pastinya anda tidak akan mempertaruhkan masa depan dengan mendaftar di kampus-kampus yang tidak terakreditasi. Untuk itu demi menghindari hal yang tidak diinginkan dikemudian hari anda dituntut untuk berhati-hati dan mengecek status akreditasi dari kampus yang anda tuju.

Adapun cara-cara yang bisa anda lakukan untuk cek status akreditasi sebuah kampus atau universitas adalah sebagai berikut:

  1. Akses situs resmi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dengan membuka link https://www.banpt.or.id
  2. Pada situs tersebut banyak informasi mengenai akreditasi serta alur akreditasi. Untuk mengecek status akreditasi dari kampus/universitas yang anda maksud pilih menu Data Akreditasi – Institusi (Terkini). Akan muncul halaman seperti di bawah ini.
  3. Isilah form perguruan tinggi (nama kampus/universitas) yang anda tuju tanpa di singkat.
  4. Jika penulisan nama kampus/universitas yang anda ketik benar maka akan muncul informasi mengenai Peringkat, No. SK, Tahun SK, Wilayah, Tanggal Kedaluwarsa dan Status Kedaluwarsa, seperti contoh di bawah ini.

Selain mengecek status akreditasi kampus/universitas anda juga wajib mengetahui status akreditasi dari program studi yang ingin anda tempuh. Karena tidak sedikit kampus / universitas yang sudah mengantongi akreditasi namun ternyata tidak semua kampus / universitas dengan akreditasi aktif juga memiliki program studi yang semuanya telah terakreditasi. Oleh sebab itu anda juga harus mengecek status program studi yang anda minati dengan cara sebagai berikut:

  • Sebagaimana cek akreditasi kampus anda juga bisa mengakses web BAN-PT untuk cek status program studi dari suatu kampus dengan membuka link https://www.banpt.or.id
  • Kemudian pilih menu Data Akreditasi – Program Studi (terkini).
  • Masukan nama kampus/universitas seperti cara cek akreditasi kampus / universitas.
  • Akan muncul semua program studi yang terdapat pada kampus yang anda tuju lengkap dengan informasi dan status dari akreditasinya, seperti contoh di bawah ini.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk cek akreditasi dari kampus / universitas yang menjadi tujuan anda. Sangat mudah untuk dilakukan, luangkan beberapa menit untuk memastikan kampus yang aman sebagai tempat bagi anda untuk menimba ilmu.

Satu informasi yang tidak kalah penting yakni untuk pendaftaran CPNS salah satu syarat yang harus terpenuhi adalah menyerahkan hasil scan dari sertifikat akreditasi dari perguruan tinggi dan program studi yang menerbitkan ijazah anda, hal tersebut bisa anda lakukan dengan mengunjungi kampus/universitas tempat dimana dulu anda menjadi mahasiswa.

Beberapa institusi kepemerintahan juga mengharuskan pendaftar CPNS atau pelamar menunjukan screenshot BAN-PT yang menunjukan bahwa kampus/universitas dan program studi yang memberikan gelar sarjana kepada anda secara resmi telah terakreditasi di BAN-PT.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,617FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles