27 C
Medan

Cara Aman dan Nyaman untuk Membeli Mobil Baru Ataupun Bekas

Untuk memiliki sebuah barang yang sedang sangat dibuthkan atau berharga, terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak. Salah satu barang berharga yang seing dibeli dalam keadaan bekas adalah mobil.

Membeli mobil dengan skema kredit menjadi cara yang pbisa dikatakan acap kali dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, cara ini dinilai mudah dan lebih murah jika bekas. Ada dua cara yang bisa dipilih dan dilakukan untuk membeli mobil bekas dengan skema kredit.

Pertama, dengan membeli kepada perorangan ataupun lewat showroom mobil bekas. Sebelum mengetahui cara kreditnya, ada baiknya kita terlebihdahulu mengetahui perbedaan kredit mobil baru dan bekas.

Perbedaan Antara Kredit Mobil Baru dan Bekas

Perbedaan diantara keduanya nantinya akan bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memutuskan membeli mobil baru atau bekas.

  • Besaran Suku Bunga
  • Besaran Uang Muka
  • Garansi
  • Harga Jual Kembali
  • Kondisi Mobil dan Biaya Perawatan
  • Premi Asuransi

Lantas, yang menjadi pertanyaan besar adalah “Bagaimana cara aman dan nyaman dalam membeli mobil bekas?” untuk menjawab pertantaan tersebut dan memberikan informasi yang Anda butuhkan, berikut kami ulas mengenai cara kredit mobil baru dan bekas.

Cara Aman dan Nyaman untuk Membeli Mobil Baru atau Bekas

Berikut di bawah ini cara aman dan nyaman untuk membeli mobil baru atau bekas, antara lain sebagai berikut.

1). Pilih Bank ataupun leasing/showroom terpercaya

Langkah pertama tentunya menen dilakukan mobil jenis dan merek apa yang akan dibeli. Setelahnya, pilih bank atau leasing yang sudah sangat terpercaya dan sudah berpengalaman. Terkait hal ini, Anda bisa mencari info sebanyaknya mengenai sistem kredit mobil bekas dari setiap bank dan lembaga pembiayaan.

2). Tentukan jenis asuransi yang tepat

Angat penting bagi Anda untuk memilih asuransi dengan jangka waktu yang sama dengan lamanya waktu cicilan. Umumnya, ada dua jenis asuransi yang ditawarkan yaitu all risk dan Total Loss Only (TLO). Pilihlah asuransi yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan Anda sendiri.

3). Ajukan Kredit Mobil Bekas ke Bank Atau Leasing

Setelah menentukan asuransi, ajukan kesepakatan kredit mobil bekas di bank atau kantor leasing bersama penjual. Sebagai catatan penting, pastikan penjual membawa seluruh berkas yang dibutuhkan.

juga Anda sebagai calon pembeli wajib membawa KTP, kartu keluarga, NPWP, fotocopy rekening tabungan, slip gaji, rekening telepon dan nomor listrik rumah. Sebab seluruh berkas dari penjual dan calon pembeli tersebut sangatlah dibutuhkan untuk proses selanjutnya oleh pihak bank dan leasing.

4). Lakukan survei mobil sebelum memutuskan membeli

Apabila semua tips prosedur pembelian mobil baru dan bekas diatas sudah Anda lakoni, langkah selanjutnya adalah melakukan survei. Dimana dalam survey tersebut Anda akan melihat apakah mobil yang akan dibeli ini bisa di kredit. Anda juga harus tahu jika mobil tertua yang dapat dikredit adalah mobil dengan usia maksimal berusia 10 tahun.

5). Konfirmasi Kredit

Apabila mobil idaman sudah lulus survey dengan segala pertimbangan Anda, pihak bank atau leasing nantinya akan mengkonfirmasi lolos atau tidaknya pengajuan Anda. Apabila pengajuan berjalan dengan lancar dan permintaanmu disetujui, pihak bank atau leasing langsung menghubungimu Anda. Selanjutnya Anda akan diminta menandatangani dokumen tentang peraturan pembiayaan, jumlah cicilan serta metode pembayaran.

6). Kesepakatan kedua belah pihak

Setelah semua prosedur sudah dijalani dan surat persetujaun ditandatangani, bank atau leasing akan mencairkan dana kepada penjual mobil. Artinya bisa langsung melakukan pembayaran cicilan dan sudah bisa menikmati mobil baru atau bekas Anda.

Sebagai catatan penting bagi Anda sebelum membeli mobel terkait, pastikan Anda memilih mobil yang masih dalam keadaan baik kondisinya dan juga memiliki harga yang pantas. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari ataupun merasa tertipu dengan pembelian tersebut. Serta, pastikan Anda membayar cicilan dengan rutin sebagai upaya menghindari bunga tunggakan yang akan merugikan Anda sendiri.

Demikian ulasan kami mengenai cara kredit mobil baru dan bekas, semoga membantu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles