26 C
Medan

BRI Mobile dan SMS Banking BRI serta Cara Aktivasi dan Menggunakannya

Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus berusaha meningkatkan pelayanannya, salah satunya dengan memberikan fasilitas BRI Mobile dan SMS Banking yang bisa Anda gunakan untuk bebagai kebutuhan transaksi dengan lebih mudah dan praktis. Untuk mengetahui cara aktivasi dan menggunakan BRI Mobie dan SMS Banking BRI, simak penjelasannya di bawah ini.

BRI Mobile (Aplikasi BRImo)

Layanan BRI Mobile ini tertuang dalam aplikasi BRImo. BRImo merupakan Aplikasi Keuangan Digital Bank BRI Terbaru berbasis data internet yang memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non nasabah BRI untuk dapat bertransaksi dengan User Interface dan User Experience terbaru, serta dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya dengan pilihan Source of Fund/ sumber dana setiap transaksi, sehingga Anda dapat menggunakan rekening Giro/ Tabungan.

Pengembangan aplikasi BRImo ini bertujuan untuk membangun kebiasaan baru, dimana aktivitas yang sebelumnya dilakukan melalui unit kerja BRI, kemudian shifting ke ATM dan SMS Banking, diharapkan ke depan seluruh nasabah mulai bertransaksi melalui internet banking.

Cara daftar dan aktivasi aplikasi BRImo pun sangat mudah, bisa dilakukan langsung melalui aplikasi BRImo. Untuk dapat menikmati layanan ini, Anda cukup mendaftar dan melakukan aktivasi melalui aplikasi BRImo itu sendiri.

Cara Daftar dan Aktivasi BRI Mobile

Berikut langkah -langkah untuk daftar dan aktivasi BRI Mobile:

  1. Buka browser, lalu silakan kunjungi alamat berikut ib.bri.co.id.
  2. Selanjutnya, Login ke internet banking BRI dari perangkat yang Anda gunakan (PC maupun ponsel).
  3. Setelah Anda berhasil login, pilih menu “Daftar BRI Mobile “.
  4. Lakukan sesuai dengan instruksi (pengisian data, konfirmasi data, transaksi selesai).
  5. Logout (keluar) dari dari akun di internet banking versi desktop.
  6. Cek pesan masuk di ponsel Anda dari BRI yang berisi link download aplikasi BRI Mobile.
  7. Setelah aplikasi diunduh, buka aplikasi BRI Mobile tersebut.
  8. Pada menu utama, Anda dapat melihat berbagai macam pilihan menu, yaitu info BRI, internet banking, mobile banking, Call BRI, dan T-Bank.
  9. Pilih Internet BRI jika Anda ingin bertransaksi menggunakan jaringan internet.
  10. Kemudian pilih aktivasi IB Mobile BRI.
  11. Jika sukses, Anda akan menerima SMS notifikasi bahwa BRI Mobile sudah aktif dan siap digunakan untuk transaksi keuangan.

Untuk menggunakan layanan yang tersedia di aplikasi BRImo ini, Anda cukup pilih menu yang ingin Anda gunakan, selanjutnya Anda akan diminta memasukkan user name dan password, lalu ikuti instruksi selanjutnya hingga kebutuhan transaksi perbankan Anda selesai.

SMS Banking BRI

Pemakaian fitur SMS Banking BRI menjadi salah satu cara bertransaksi yang menguntungkan. Sebab fitur Bank BRI yang satu ini menawarkan efisiensi dari segi biaya dan waktu dalam bertransaksi. Kehadiran layanan perbankan lewat handphone menjadi terobosan yang memudahkan nasabah BRI dalam melakukan transaksi perbankan.

SMS Banking BRI adalah salah satu layanan perbankan yang bisa dilakukan di handphone dengan mengirimkan pesan SMS ke nomor 3300. Dengan mengetikkan format yang diminta, berbagai transaksi mulai dari cek informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan, hingga beli pulsa isi ulang begitu gampangnya dilakukan.

Cara Daftar SMS Banking BRI

Sejauh ini pendaftaran SMS Banking hanya bisa dilakukan di Kantor Bank BRI dan melalui ATM BRI saja, belum bisa melalui ponsel. Adapun cara daftar SMS Banking BRI di Kantor BRI sebagai berikut:

Selain melalui ATM, Anda juga bisa mendaftarkan diri untuk menjadi peserta SMS Banking dari Bank BRI melalui kantor Bank BRI. Tentu saja ada beberapa alur yang harus Anda tempuh untuk dapat mendaftarkan akun SMS Banking.

  1. Silakan Anda datang ke kantor Bank BRI.
  2. Sebelum berangkat, pastikan Anda telah mempersiapkan dokumen untuk daftar SMS Banking BRI, mulai dari fotokopi KTP yang masih berlaku dan fotocopy kartu ATM BRI, serta membawa buku tabungan BRI jika sewaktu-waktu diperlukan.
  3. Dan pastikan Anda mencantumkan nomor handphone yang aktif agar tidak diblokir oleh BRI.
  4. Selanjutnya, Anda cukup datang ke Kantor Bank BRI untuk bertemu petugas atau customer service yang siap membantu Anda dalam mengurus pendaftaran SMS Banking hingga nantinya bisa digunakan untuk berabgai kegiatan perbankan, seperti transfer, cek saldo, hingga membeli pulsa serta token listrik.

Jika Anda ingin melakukan pendaftaran di ATM, Anda cukup memasukkan kartu ATM Anda, lalu masukkan PIN, selanjutnya pilih “Transaksi Lain” > Lainnya > pilih menu Registrasi, lalu pilih Mobile Banking, ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.

Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Di atas telah disampaikan kalau fitur SMS Banking dari Bank BRI dapat digunakan dengan mengirimkan SMS dalam format tertentu ke nomor 3300. Format-format SMS yang dikirim berbeda antara format SMS transfer dengan format SMS cara cek saldo. Untuk memudahkan

Anda dalam bertransaksi melalui SMS Banking, berikut daftar format SMS Banking BRI untuk berbagai keperluan transaksi perbankan Anda:

Format SMS Banking BRI

Saat melakukan transaksi melalui SMS Banking ini, Anda akan dikenakan biaya administrasi dari Bank BRI, serta potongan pulsa dengan tarif yang berbeda tergantung dari operator yang Anda gunakan.

Apakah BRI Mobile dan SMS Banking itu sama?

Layanan online yang dikenal sebagai BRI Mobile ini menawarkan kemudahan ke nasabah sehingga transaksi perbankan menjadi lebih praktis. BRI Mobile telah diperkenalkan sejak 2012 dan bisa diakses cuma lewat smartphone. Fitur-fitur yang terdapat dalam mobile banking BRI bisa dikatakan beragam, mulai dari fitur cek saldo, mutasi rekening, transfer uang, pembayaran, pembelian, hingga ganti PIN, dan beragam fitur lainnya yang sangat lengkap.

Lalu, apakah layanan BRI Mobile dan SMS Banking BRI itu sama? Tentu aja kedua layanan ini berbeda. SMS Banking BRI ini bisa digunakan dengan mengirimkan pesan dengan format SMS tertentu, sedangkan BRI Mobile diakses langsung di aplikasi yang telah terpasang di smartphone. Dan SMS Banking ini hanya memberikan fitur berupa SMS dengan sebuah format tertentu saja, sedangkan BRI Mobile ini mencakup hal yang lebih luas lagi dengan fitur yang lengkap.

Demikian artikel mengenai Cara Aktivasi dan Menggunakan BRI Mobile dan SMS Banking BRI. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaaat. Terima kasih.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles