26 C
Medan

Aplikasi PPN (e-Faktur) dan Cara Menggunakan e-Faktur DJP

Aplikasi yang digunakan Pengusaha Kena Pajak (PKP) untuk mengelola Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang diluncrukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tentu sangat membantu PKP dalam hal membuat dan melaporkan faktur pajak dengan lebih mudah.

Aplikasi PPN ini adalah aplikasi e-Faktur dengan fungsi untuk menerbitkan dan melaporkan faktur pajak secara elektronik. Era digital memang menawarkan banyak kemudahan, DJP menjadi salah satu instansi yang siap memberikan layanan berbasis digital dengan lebih baik lagi melalui aplikasi e-Faktur ini.

Penggunaan e-Faktur diwajibkan bagi para PKP sejak 1 Juli 2016, hal ini tidak lain demi memberikan akses yang mudah dan layanan yang lebih baik lagi. Dan, apabila pengusaha sudah dikukuhkan sebagai PKP, namun masih membuat faktur pajak manual, maka PKP tersebut dianggap tidak membuat faktur pajak.

Selain bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada PKP, aplikasi e-Faktur ini juga merupakan sebuah solusi atas banyaknya kecurangan yang dapat merugikan Pengusaha Kena Pajak (PKP) maupun negara akibat banyaknya faktur pajak fiktif.

Aplikasi PPN (e-Faktur)

Untuk menikmati layanan e-Faktur, Anda bisa mengaksesnya melalui perangkat komputer dengan mengunduhnya pada situs efaktur.pajak.go.id. Aplikasi berbasis web ini dirilis oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk membuat, menerbitkan, dan melaporkan faktur pajak serta laporan SPT Masa PPN 1111.

e-Faktur desktop atau yang seringkali disebut sebagai aplikasi PPN ini dapat Anda unduh secara gratis dengan ukuran file yang tidak terlalu besar. Dalam rangka terus memperbaiki sistem yang ada, DJP telah memperbarui aplikasi e-Faktur ini beberapa kali, dan saat ini hadir dengan versi terbaru yakni e-Faktu Desktop 2.1.

Jika Anda telah mengunduhnya, Anda bisa menginstallnya di komputer yang difungsikan untuk membuat dan melaporkan faktur pajak. Hal ini menjadi wajib untuk para Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang telah dikukuhkan. Dan setiap kali terdapat pembaruan pada aplikasi e-Faktur, Anda perlu melakukan update aplikasi agar aplikasi dapat digunakan tanpa ada kendala.

Cara Menggunakan e-Faktur DJP

Berikut ini proses menggunakan e-Faktur DJP yang perlu Anda ketahui:

  1. Silakan download e-Faktur DJP terlebih dahulu pada situs efaktur.pajak.go.id
  2. Selanjutnya, ekstrak aplikasi dengan WinRAR, 7-zip, dan aplikasi sejenis.
  3. Jalankan aplikasi di perangkat yang Anda gunakan. Pastikan perangkat yang Anda gunakan telah memenuhi spesifikasi yang direkomendasikan, terutama perhatikan kapasitas RAM/Storage yang Anda miliki.
  4. Selanjutnya, Anda harus memiliki sertifikat digital. Caranya bisa dengan mengakses web e-Nofa.
  5. Silakan lakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) sesuai dengan banyaknya jumlah faktur pajak yang akan Anda buat dalam 3 bulan terakhir.
  6. Jika Anda ingin membuat pajak keluaran, silakan input data NSFP pada menu: Referensi > Referensi Nomor Faktur > Rekam Range Faktur Pajak.
  7. Selanjutnya, masuk ke menu Faktur > Pajak Keluaran, sedangkan untuk membuat faktur pajak masukan, masuk menu Faktur > Pajak Masukan.
  8. Dan apabila Anda ingin menginput data pajak keluaran/pajak masukan satu per satu, silakan masuk ke menu Administrasi Faktur > Rekam Faktur.
  9. Jika Anda ingin membuat banyak faktur pajak elektronik sekaligus, baik menginput data pajak keluaran/masukan secara sekaligus, silakan masuk pada menu Impor > Open File > Proses Impor.
  10. Jika faktur pajak berhasil dibuat, lakukan preview dengan klik “Preview”.
  11. Jika terdapat hal yang perlu Anda perbaiki, klik “Ubah”.
  12. Selanjutnya, cek kolom status approval. Kalau Anda mendapat status Reject, artinya upload faktur pajak elektronik GAGAL. Anda bisa mengetahui penyebab atau kekeliruan apa yang harus diperbaiki melalui kolom keterangan. Dengan begitu Anda bisa segera memperbaiki kekeliruan tersebut untuk mendapatkan status Approval, selanjutnya Anda bisa mengirimkan faktur pajak kepada klien.

Demikian artikel mengenai Aplikasi PPN (e-Faktur). Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,593FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles