26 C
Medan

Apa Itu Reksadana? Jenis – Jenis, Keuntungan dan Resiko Reksadana

Anak muda sekarang ini sangat gemar berinvestasi, yang berjalan seiringan dengan banyaknya pilihan investasi yang menarik. Investasi bisa dilakukan mulai dari bidang properti, kuliner, gaya hidup bahkan hal-hal yang lain. Investasi juga terdiri dari beberapa macam jenis, salah satu yang paling popular adalah investasi reksadana.

Investasi Reksadana merupakan investasi bergerak melalui sistem memanfaatkan return, yang tentunya sangat membantu pemodal kecil. Sebab biasanya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu ataupun keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Maka tak heran jika reksadana diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia. Reksadana bisa dikatakan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal, dimana selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Berangkat dari definisi tersebut, dapat dilihat tiga aspek mendasar dalam reksadana yaitu:

  • Adanya dana dari masyarakat pemodal
  • Dana yang dimaksud diinvestasikan dalam portofolio efek
  • Dana terkait akan dikelola oleh manajer investasi.

Sebagai investor di reksadana, tentunya harus memahami betul mengenai reksadana. Untuk membantu Anda lebih dekat dengan reksadana, berikut kami ulas informasinya mulai dari

Jenis – Jenis Reksadana

Jenis – jenis Reksadana secara umum, antara lain sebagai berikut.

Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana yang melakukan investasi pada jenis instrumen investasi pasar uang, dengan masa jatuh tempo biasanya kurang dari satu tahun. Bentuk instrumen investasi yang dimaksud dapat berupa:

  1. Time deposit (deposito berjangka)
  2. Certificate of deposit (sertifikat deposito)
  3. Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
  4. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)

Tujuan dari hadirnya instrument ini ialah untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal. Juga dibarengi dengan risikonya relatif paling rendah dibandingkan reksadana jenis lainnya.

Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Jenis Reksadana pendapatan tetap ini akan menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk efek utang ataupun obligasi.

Tujuannya dari reksadana jenis ini adalah untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil dengan risiko relatif lebih besar daripada reksadana pasar uang.

Reksadana Campuran (Balance Mutual Fund)

Reksadana campuran merupakan jenis reksadana mengalokasikan dana investasinya kedalam portofolio yang bervariasi dengan bentuk saham dan dikombinasikan dengan obligasi.

Tujuannya reksadana jenis campuran adalah untuk pertumbuhan harga dan pendapatan. Risiko reksadana campuran yang hadir bersifat moderat, dengan potensi tingkat pengembalian relatif lebih tinggi dibandingkan reksadana pendapatan tetap.

Reksadana Saham (Equity Fund)

Selanjutnya ada reksadana saham yang merupakan jenis reksadana dengan investasi sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas. Tujuan dari reksadana saham ialah untuk pertumbuhan harga saham atau unit dalam jangka panjang. Risiko yang tersimpan dalam reksadana jenis ini relatif lebih tinggi dari reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap, namun memiliki potensi tingkat pengembalian yang paling tinggi.

Keuntungan Berinvestasi di Reksadana

Melalui pemaparan singkat diatas, tentu yang mejadi pertanyaan dalah “Keuntungan apa yang didapat dari investasi di Reksadana?” Investasi reksadana tentu mendatangkan berbagai peluang keuntungan, diantaranya sebagai berikut:

  • Investor reksadana bisa melakukan diversifikasi investasi tanpa harus memiliki modal yang besar.
  • Likuiditas dalam reksadana yang tinggi mampu meningkatkan potensi keberhasilan dalam berinvestasi. Dimana para pemodal akan melakukan pencairan unit penyertaannya sesuai melalui ketetapan yang sudah disusun demi mempermudah investor mengelola keuangannya.
  • Reksadana membantu mengumpulkan dana dalam jumlah besar. Sehingga manajer investasi dapat melakukan diversifikasi pada produk investasi di pasar modal maupun pasar uang.
  • Reksadana menawarkan diversifikasi investasi yang mampu membantu meminimalisir adanya risiko yang terdapat dalam portofolio. Meskipun begitu, tidak ada yang bisa menghindari risiko investasi yang ada di dalam reksadana.
  • Melalui reksadana, investor awam atau pemula dapat ikut merasakan manisnya keuntungan berinvestasi di pasar modal.
  • Reksadana menawarkan transparansi informasi dana yang bisa dimanfaatkan untuk mengontrol keuntungan dengan adanya perkembangan biaya dan portofolio secara berkelanjutan.
  • Investor pun tidak perlu repot-repot untuk memantau kinerja investasinya. Sebab dalam reksadana, hal itu telah ditangani oleh manajer investasi profesional dan tentunya sudah berpengalaman dalam hal pengelolaan dana.
  • Memberikan setiap instrumen investasi dengan risiko kerugiannya sendiri dan terbilang minim, termasuk alam reksadana. Hal ini bisa dibuktikan dengan hadirnya minat yang tinggi dari investor kelas menengah ke atas untuk melakukan investasi reksadana.

Risiko Berinvestasi di Reksadana

Walaupun menawarkan keuntungan yang beragam, tentunya investasi di reksadana juga memiliki risiko. Salah satunya adalag risiko berkurangnya nilai unit penyertaan yang dipengaruhi oleh turunnya harga dari efek saham, obligasi, atau surat berharga lainnya.

Dimana semua hal tersebut masuk dalam portofolio reksadana, namun tetap dapat diminimalisir oleh manajer investasi (selaku pengelola) dengan prinsip diversifikasi yang diterapkan.

Sedangkan risiko likuiditas biasanya menyangkut kesulitan yang dihadapi manajer investasi jika sebagian besar investor reksadana melakukan redemption (penjualan kembali) atas unit kepemilikan.

Demikian ulasan kami mengenai reksadana mulai dari pengertian, jenis, keuntungan hingga risikonya. Semoga ulasan kami membantu Anda, khusunya dalam investasi di reksadana. Terimkasih sudah singgah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles