27 C
Medan

Apa Itu Polis Asuransi dan Cara Memilih Asuransi untuk Milenial

Asuransi merupakan salah satu bentuk investasi. Walau di Indonesia sendiri belum semua orang menyadari manfaat dari asurani itu sendiri. Bagi kamu generasi milenial, pernahkah kamu berpikir kapan sebaiknya kamu memiliki pengetahuan mengenai asuransi? Dan bagaimana cara memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu? Jika iya, maka artikel ini adalah bacaan yang tepat untuk kamu baca dari awal hingga selesai.

Apa Itu Polis Asuransi?

Saat kamu mendaftarkan diri pada sebuah perusahaan asuransi, kamu akan diberikan polis asuransi sebagai dokumen penting. Polis asuransi ini adalah bukti tertulis yang legal dalam perjanjian yang dilakukan oleh kedua belah pihak, yakni antara pihak penanggung dan pihak tertanggung.

Sehingga dengan adanya dokumen polis asuransi, kedua belah pihak akan saling terikat dan memiliki tanggung jawab masing-masing. Tentunya sesuai dengan yang telah disepakati sejak awal.

Kamu harus benar-benar ingat kalau polis asuransi ini merupakan dokumen yang sangat penting dalam layanan asuransi. Karena polis ini akan melindungi seluruh hak dan kewajiban dari nasabah dan pihak dari asuransi itu sendiri atau perusahaan asuransi.

Mengingat betapa pentingnya polis asuransi ini, sehingga kamu perlu memahami keseluruhan isi dari dokumen ini. Dengan mengetahui dan memahami hal tersebut akan membuat kamu terhindardari kerugian-kerugian yang bisa timbul.

Fungsi Polis Asuransi

Polis asuransi ini juga memiliki beberapa fungsi, diantarnya sebagai berikut:

  • Menjadi alat bukti tertulis dari jaminan penanggungan atas berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada pihak tertanggung dan kerugian tersebut sudah tertulis di dalam polis.
  • Menjadi bukti pembayaran premi yang diberikan kepada pihak perusahaan asuransi selaku pihak penanggung, menjadi bukti paling otentik untuk menuntut penanggung jika pada waktu tertentu tidak memenuhi jaminan yang menjadi tanggungannya.

Selain memiliki fungsi untuk Anda sebagai pihak tertanggung, polis asuransi ini juga memiliki fungsi khusus untuk pihak penanggung, yakni sebagai berikut:

  • Menjadi alat bukti dan tanda terima premi asuransi yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung.
  • Menjadi bukti tertulis atas jaminan yang diberikan kepada tertanggung untuk membayar sejumlah ganti rugi yang diderita oleh tertanggung.
  • Menjadi bukti paling otentik dan sah untuk menolak tuntutan ganti rugi atau klaim yang diajukan oleh tertanggung kalau penyebab kerugian tersebut tidak memenuhi syarat polis yang dimiliki.

Cara Memilih Asuransi untuk Milenial

Terdapat banyak jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, hal ini tidak lain bertujuan untuk mendapatkan sejumlah nasabah yang lebih besar dan pada akhirnya untuk mencapai keuntungan yang lebih tinggi. Jadi wajar kalau kamu sebagai milenial atau calon nasabah merasa bingung dalam memilih asuransi yang tepat.

1. Pilih produk asuransi dengan premi tidak lebih dari 5% dari penghasilan (sesuai budget)

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih asuransi adalah pilih premi yang sesuai dengan kesanggupan atau kemampuan diri (sesuai budget). Kami menyarankan idealnya tidak lebih dari 5% dari jumlah penghasilan kamu. Dan apabila gaji kamu sudah memenuhi jumlah minimum premi yang harus dibayar, kamu boleh mengubah persentase menjadi 10%.

2. Pilih produk asuransi sekaligus investasi (unit link)

Untuk generasi milenial, rasanya tidak lengkap jika hanya sekedar memiliki asuransi saja. Sebakinya kamu memilih produk asuransi sekaligu investasi. Karena saat ini adalah waktu yang tepat untuk kamu belajar berinvestasi, salah satunya dengan asuransi investasi atau yang dikenal dengan unit link.

Besaran premi untuk unit link ini memang terbilang lebih tinggi, namun setara dengan manfaat yang bisa kamu peroleh sebagai generasi milenial. Dimana skema pembagian investasinya adalah setengah dari pembayaran premi akan dialokasikan untuk proteksi dan setengah pembayaran sisanya akan diputar untuk investasi.

3. Perbanyak proteksi untuk kecelakaan

Dengan usia yang masih terbilang muda, sebaiknya kamu memprioritaskan proteksi untuk kecelakaan dibanding untuk kesehatan. Karena jenis perlindungan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemungkinan hal buruk yang bisa terjadi kepada kamu. Dan biasanya proteksi untuk kendaraan juga sudah mencakup perlindungan jiwa dan kesehatan.

Jenis Asuransi yang Cocok untuk Milenial

Berikut di bawah ini jenis asuransi yang cocok untuk milenial, antara lain sebagai berikut.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan ini berfungsi untuk mengantisipasi pengeluaran besar saat ada masalah kesehatan yang menimpamu. Baik karena aktivitas yang padat, maupun karena sakit bawaan.

Secara umum asuransi kesehatan ini memberikan manfaat, seperti perawatan rawat inap, rawat jalan, pembedahan dan santunan jika meninggal. Bahkan pada beberapa perusahaan asuransi kesehtan menawarkan manfaat ini yang juga berlaku di luar negeri.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa menjadi jenis asuransi lainnya yang bisa kamu pilih untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, yakni meninggal dunia. Pihak asuransi jiwa akan memberikan uang pertanggungan yang akan diberikan kepada ahli waris dari pemilik polis yang meninggal.

Dengan jumlah yang cukup besar, umumnya perusahaanmemberikan Rp 300-500 Juta. Uang hasil klaim asuransi tersebut bisa digunakan untuk menjadi penopang biaya sehari hari ahli waris.

Sementara itu, untuk tempo pembayaran premi asuransi jiwa ini jangka waktunya beragam, yakni dimulai dari 5, 10 ,15 hingga 20 tahun dengan pertanggungan yang berlaku seumur hidup atau maksimal mencapai usia 110 tahun.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan juga tidak kalah penting untuk generasi milenial, apalagi jika kamu tinggal di perkotaan dan sudah mempunyai kendaraan sendiri. Asuransi kendaraan ini akan mengganti biaya kerusakan pada  kendaraan  kamu akibat kecelakaan, bahkan kehilangan karena perampokan.

Biasanya asuransi di Indonesia terbagi dalam dua jenis yakni tipe all risk yang mengganti kerusakan atau kehilangan kendaraan sebagian hingga keseluruhan, dan total loss only (TLO) yang mengganti 75% dari total kerusakan.

4. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan akan memberikan kamu ganti rugi jika ada kecelakaan bahkan saat terjadi delay atau pembatalan pesawat sampai pertanggungan karena meninggal akibat kecelakaan saat melakukan perjalanan. Asuransi yang satu ini tentu saja sangat dibutuhkan bagi generasi milenial yang suka berpetualang.

5. Asuransi Properti

Jika kamu sudah membeli rumah sendiri, sebaiknya siapkan dana untuk membeli asuransi properti ini. jenis asuransi ini akan melindungi properti dari kejadian yang merugikan seperti, kebakaran, risiko huru-hara, hingga terkena bencana alam.

Demikan artikel mengenai Pengertian Polis Asuransi, Cara Memilih Asuransi untuk Milenial, dan Jenisnya. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,019FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles