25 C
Medan

Apa Itu Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya yang Perlu Anda Ketahui

Menentukan tujuan dan menikmati perjalanan menjadi suatu hal yang begitu menyenangkan. Apalagi jika Anda bepergian bersama pasangan, keluarga, maupun teman. Dan tentu saja Anda juga boleh bepergian sendirian sebagai bentuk quality time dengan diri sendiri.

Berlibur dengan mengunjungi tempat baru akan memberikan Anda sebuah pengalaman berbeda yang mengesankan, atau mengunjungi tempat dimana Anda merasa senang dan relaks, tentu saja hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda, sehingga Anda lebih siap lagi untuk selanjutnya kembali ke rutinitas sehari-hari dengan ide baru.

Selain itu, pulang kampung juga bisa menjadi sebuah pilihan yang baik untuk mengisi momen liburan Anda. Ketika hendak bepergian menggunakan transportasi massal seperti pesawat, kapal, dan kereta, pernahkah di pikiran Anda terlintas jika transportasi yang Anda gunakan mengalami kecelakaan?

Pikiran yang menimbulkan rasa cemas itu akan membuat momen berlibur menjadi tidak menyenangkan, atau bahkan malah membuat Anda batal berlibur? Eiits tenang dulu, tarif nafas dulu. Tahukah Anda mengenai Asuransi Perjalanan? Apa saja tipe asuransi perjalanan yang ada, serta apa manfaatnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis pertanggungan asuransi yang membayarkan biaya perawatan medis, sumbangan atas kematian, kompensasi keterlambatan atau pembatalan perjalanan, ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan bagasi, dan atau menanggung kerugian akibat terorisme dan bencana Alam.

Tipe Asuransi Perjalanan

Terdapat 3 pilihan asuransi perjalanan, yakni sebagai berikut:

1. Worldwide

Asuransi perjalanan worldwide adalah asuransi yang menjamin perjalanan ke negara-negara di seluruh dunia (kecuali negara yang berada dibawah perang atau teror), dengan penjaminan biaya berikut:

  • Perawatan rumah sakit akibat kecelakaan atau sakit yang baru diderita selama perjalanan.
  • Keterlambatan pemberangkatan dan bagasi.
  • Tanggung gugat hukum pihak ketiga.
  • Pengiriman keluarga untuk menemani selama perawatan.

2. Domestik

Asuransi perjalanan domestik adalah asuransi yang menjamin perjalanan melalui jalur darat, laut maupun udara selama berada diwilayah teritorial Indonesia, dengan jarak perjalanan minimum 100km dari tempat tinggal. Dengan penjaminan biaya berikut:

  • Biaya perawatan rumah sakit akibat kecelakaan maupun sakit yang baru diderita selama perjalanan.
  • Keterlambatan pemberangkatan dan bagasi.
  • Kehilangan barang pribadi,
  • dan lainnya.

3. Asia

Asuransi perjalanan asia adalah asuransi yang menjamin perjalanan ke negara-negara yang berada di Benua Asia seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Korea, China, Macau, Saudi Arabia, dll. Asuransi perjalanan ini menawarkan penjaminan biaya berikut:

  • Memberikan penjaminan atas biaya perawatan rumah sakit akibat kecelakaan atau penyakit yang baru diderita salama perjalanan.
  • Keterlambatan keberangkatan dan bagasi.
  • Kehilangan barang pribadi.
  • dan lainnya.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Berikut manfaat dari asuransi perjalanan, antara lain;

1. Menanggung Biaya Perawatan Medis

Sakit menjadi hal yang memang tidak diinginkan, namun juga tidak bisa dihindari. Agenda berlibur yang telah disusun pun terpaksa harus dibatalkan. Bagaimana jika hal tersebut menimpa Anda? Biaya perawatan medis bukanlah hal yang sedikit, apalagi jika Anda sedang berlibur di luar negeri.

Asuransi perjalanan akan membantu Anda dalam hal biaya pertanggungan terhadap perawatan medis Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir soal uang untuk membayar biaya perawatan medis tersebut.

2. Sumbangan Atas Kematian

Tidak ada seorang pun yang tahu kapan dirinya akan meninggal dunia. Maka mempersiapkannya menjadi hal yang perlu, apalagi bagi seseorang yang memiliki peran sebagai pencari nafkah utama keluarga.

Melalui asurasi perjalanan, Anda akan mendapatkan sejumlah uang pertanggungan yang akan diberikan kepada keluarga Anda ketika Anda meninggal pada saat bepergian. Apabila ini terjadi, setidaknya Anda tidak perlu lagi terlalu mengkhawatirkan kelangsungan hidup keluarga Anda.

3. Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Saat bepergian menggunakan transportasi umum, penundaan atau pembatalan perjalanan bisa terjadi kapan saja. Hal ini tentunya akan merugikan Anda sebagai pengguna jasa biro perjalanan itu. Dengan memiliki asuransi perjalanan, Anda bisa menerima kompensasi dari pihak asuransi bila hal ini terjadi saat Anda akan melakukan perjalanan.

Misalnya saat terjadi pembatalan pemberangkatan pesawat, maka Anda akan menerima kompensasi berupa menginap gratis di hotel yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan tersebut. Bentuk kompensasi ini akan berbeda-beda tergantung pada peraturan dari perusahaan asuransi yang Anda pilih.

4. Ganti Rugi Atas Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Bagasi yang hilang dan rusak sudah sering terjadi, tentu saja hal ini sangat merugikan dan membuat momen berlibur Anda menjadi tidak menyenangkan. Dengan asuransi perjalanan, Anda bisa mendapatkan ganti rugi atas bagasi yang hilang maupun rusak. Anda cukup mengajukan klaim saja untuk mendapatkan kompensasinya.

5. Menanggung Kerugian Akibat Terorisme dan Bencana Alam

Terjadinya aksi terorisme dan bencana alam sangat mungkin untuk terjadi kapan saja. Hal ini akan membawa kerugian pada Anda, baik dalam bentuk kerugian fisik, mental, dan finansial. Jika Anda memiliki asuransi perjalanan, maka segala kerugian tersebut akan ditanggungkan kepada pihak asuransi, sehingga Anda bisa merasa lebih aman pada saat bepergian.

Setiap orang tanpa terkecuali pasti butuh untuk selalu merasa aman. Karena rasa aman, akan membuat kita lebih mampu untuk bertindak dan berpikir positif. Namun soal masa depan adalah hal yan tidak bisa kita prediksi, sehingga melakukan persiapan atas segala kemungkinan terburuk menjadi suatu hal yang bisa dilakukan mulai dari saat ini. Dengan memiliki asuransi, Anda akan menerima berbagai kompensasi dang anti rugi sesuai dengan apa yang Anda alami.

Demikian artikel mengenai Pengertian Asuransi Perjalanan, Tipe Asuransi Perjalanan, dan Manfaat Asuransi Perjalanan. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,617FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles